Aplikasi Metode Kano dan TRIZ untuk Peningkatan Kualitas Layanan (Studi Kasus: PT Angkasa Pura 1-Bandara Juanda Surabaya)

Sari, Yenny and Rosiawan, Muhammad and Kurniawan, Ervina (2009) Aplikasi Metode Kano dan TRIZ untuk Peningkatan Kualitas Layanan (Studi Kasus: PT Angkasa Pura 1-Bandara Juanda Surabaya). Proceedings 5th. National Industrial Engineering Conference 2009. pp. 269-278. ISSN 1412-3525

[thumbnail of Sari_Aplikasi Metode Kano_References_2009.pdf]
Preview
PDF
Sari_Aplikasi Metode Kano_References_2009.pdf - Submitted Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of Aplikasi Metode Kano dan TRIZ untuk Peningkatan Kualitas Layanan_2009.pdf]
Preview
PDF
Aplikasi Metode Kano dan TRIZ untuk Peningkatan Kualitas Layanan_2009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bandara Juanda Merupakan bandar udara Internasional yang memiliki kapasitas pelanggan terbesar di kawasan Timur Indonesia. Sebagai pengelola, PT Angkasa pura I memiliki komitmen untuk terus Menjaga kualitas layanan bagi pelanggannya. Pelanggan yang dimaksud disini adalah penumpang pesawat sebagai pengguna utama layanan di bandara. Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggannya, perusahaan harus mengetahui kebutuhan pelanggannya namum kebutuhan pelanggan saat ini belum teridentifikasi dan terklasifikasi sehingga sulit untuk menentukan perbaikan kualitas yang tepat dan efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi variabel kualitas layanan di Bandara Juanda, mengklasifikasikannya dalam kategori Kano, menentukan variabel yang dijadikan prioritas perbaikan dan memberikan usulan perbaikan dengan aplikasi metode TRIZ. Dari analisis Kano, diperoleh bahwa ada 1 variabel kualitas layanan yang termasuk kategori Must be, 11 variabel kategori One dimensional, 5 variabel attractive dan 3 variabel kategori Indifferent. Analisis kuadran, yang membandingkan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan, menunjukan bahwa 1 variabel must be yaitu kecukupan jumlah troli menjadi prioritas perbaikan. Dari analisis perbaikan dengan metode TRIZ, didapat bahwa jumlah troli yang tersedia saat ini adalah total 400 unit untuk terminal domestik, padahal analisis menunjukan bahwa dibutuhkan 441 unit troli untuk terminal keberangkatan dan 460 unit untuk terminal kedatangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kano, TRIZ, Analisis kuadran, kecukupan jumlah troli
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 16 Jun 2012 03:10
Last Modified: 25 Oct 2017 05:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item