Hubungan Antara Persepsi Terhadap Harga dan Tingkat Keterlibatan Terhadap Produk Dengan Pembelian Impuls

Ranggadewi, Fenny Puspasari Maria (2002) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Harga dan Tingkat Keterlibatan Terhadap Produk Dengan Pembelian Impuls. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148868

Abstract

Strategi pemasaran yang ditetapkan oleh pihak pemasar produk pakaian jadi akhir-akhir ini menjadi perhatian yang penting oleh karena tingginya tingkat persaingan yang terjadi antar produsen produk pakaian jadi. Ilmu perilaku konsumen menyebutkan bahwa pembelian yang dilakukan oleh konsumen dapat bersifat terencana dan tidak terencana. Penelitian ini membahas pembelian yang didasari oleh tidak adanya rencana yang diartikan lebih lanjut sebagai pembelian impuls. Dalam pembelian yang berdasarkan impuls terdapat dua hal yang perlu diamati lebih lanjut yaitu adanya persepsi konsumen terhadap harga dan tingkat keterlibatan konsumen terhadap produk. Berawal dari latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti hubungan antara persepsi terhadap harga dan tingkat keterlibatan terhadap produk dengan pembelian impuls produk pakaian jadi pada Matahari Department Store di Surabaya. Melalui teknik pengambilan sampel convenience sampling terhadap 50 responden penelitian, pengambilan data atas penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket dan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis mayor (HI) dan teknik analisis korelasi parsial untuk menguji hipotesis minor (H2). Hasil penelitian menyebutkan, untuk hipotesis mayor (HI) bahwa persepsi terhadap harga dan tingkat keterlibatan terhadap produk secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impuls produk pakaian jadi pada Matahari Department Store di Surabaya (R=0,633; F=40,541; p=O,OOO). Untuk hipotesis minor pertama (H2a) menampakkan basil bahwa persepsi terhadap harga memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impuls produk pakaian jadi pada Matahari Department Store di Surabaya yang ditunjukkan melalui koefisien korelasi parsial 0,460; p=O,OO1 (p<0,05). Untuk hipotesis minor kedua (H2b) menampakkan hasil bahwa tingkat keterlibatan terhadap produk memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impuls produk pakaian jadi pada Matahari Department Store di Surabaya yang diketahui melalui koefisien korelasi parsial 0, 788; p=O,OOOO (p<0,05). Saran yang perlu dikemukakan bagi penelitian ini adalah bahwa persepsi terhadap harga hendaknya tetap menjadi salah satu pertimbangan pemasar dalam strategi pemasaran oleh karena penetapan harga yang tepat akan mendorong kepada keputusan konsumen untuk mengkonsumsi kembali pada produk pakaian jadi ataukah tidak pada Matahari Department Store. Selanjutnya untuk kelengkapan angket diperlukan pencarian literatur yang lebih lengkap.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 Nov 2013 03:25
Last Modified: 12 Nov 2013 03:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6383

Actions (login required)

View Item View Item