Analisa Perilaku konsumen di Cafe Toscana

Gunawan, Heru (2000) Analisa Perilaku konsumen di Cafe Toscana. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136658

Abstract

Pada saat sekarang ini kebiasaan untuk minum dan makan di cafe teruslah berlanjut. Bahkan kini makan atau minum di cafe merupakan simbol status tersendiri di kalangan masyarakat tertentu. Di cafe tersebut biasanya orang minum aneka ragam makanan dan minuman sambil berbincang-bincang dengan topic yang tak terbatas. Adakalanya yang dilakukan hanya mengobrol santai sambil melepas lelah, tetapi ada juga yang datang untuk berbicara tentang bisnis dengan tetap dalam suasana santai sambil minum dan makan. Dari kebiasaan-kebiasaan orang-orang yang datang itulah maka suatu cafe haruslah benar-benar mengetahui selera dari pelanggannya. Sekarang ini semakin banyak cafe yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman serta fasilitas yang lain seperti internet, game komputer, musik, TV dan lain-lain. Dengan semakin maraknya bisnis café di Surabaya maka berarti semakin ketat persaingan dalam bisnis ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang konsumen sccara umum, analisis cluster untuk menge1ompokkan konsumen berdasarkan loyalitas yang kemudian dilanjutkan dengan analisis diskriminan untuk mengetahui prosentase kebenaran pengelompokan dan mencari variabel yang membedakan cluster tersebut. Analisis selanjutnya adalah analisis ketergantungan bertujuan mengetahui faktor demografi yang mempengaruhi cluster yang terbentuk. Kemudian diadakan analisis kuadran yang bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kelemahan dari masing-masing kelompok cluster yang terbentuk. Dan selanjutnya dapat digunakan untuk memperbaiki strategi pemasaran dari cafe tersebut. Sebelum menyusun strategi pemasaran yang tepat, pihak cafe menentukan dulu target segmen pasar yang akan dituju atau dengan kata lain strategi tersebut lebih difokuskan pada target dari cafe itu. Dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa konsumen café TOSCANA terbagi menjadi dua segmen, dimana kelompok pertama mempunyai loyalitas yang tinggi (komit, suka, biaya peralihan, kebiasaan) dibandingkan dengan kelompok kedua (berpindah-pindah). Sedangkan ditinjau dari gaya hidup kelompok pertama mayoritas social, memiliki motivasi kedatangan karena ada janji temu dengan teman bisnis dan untuk kelompok kedua mempunyai gaya hidup mayoritas attention seeker, memiliki movitas kedatangan karena agar terlihat mengikuti jaman. Sedangkan kepuasan masing-masing kelompok ditinjau dari kelima dimensi Service Quality, pada kelompok social memiliki rata-rata kepuasan sebesar -0.5436, sedangkan pada kelompok attention seeker memiliki rata-rata kepuasan sebesar -1.0798 yang artinya bahwa masih terdapat ketidakpuasan terhadap cafe TOSCANA pada kedua segmen, tetapi kelompok attention seeker memiliki kepuasan yang lebih rendah daripada kelompok socialite. Dengan memperhatikan kesenjangan secara keseluruhan, maka perbaikan yang dilakukan adalah semua variabel-variabel yang terletak pada kuadran I dan IV pada kelompok attention seeker yang menjadi target dari cafe TOSCANA.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 21 Nov 2013 06:45
Last Modified: 21 Nov 2013 06:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6624

Actions (login required)

View Item View Item