Penyusunan Kembali Merk Dan Strategi Pemasaran Hotel-hotel Berbintang Di Surabaya Menurut Konsumen Lokal

., Theresian and Saputra, Fransisca Carmelia (1998) Penyusunan Kembali Merk Dan Strategi Pemasaran Hotel-hotel Berbintang Di Surabaya Menurut Konsumen Lokal. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231149

Abstract

Perkembangan industri perhotelan di Indonesia dari tahun 1980 sampai tahun 1997 tergolong sangat cepat, hingga munculnya krisis perekonomian yang melanda kawasan Asia termasuk Indonesia mempengaruhi tingkat hunian(Occupancy) hotel. Dalam kondisi saat ini, hotel-hotel dituntut untuk membenahi strategi mereka agar tetap dapat bertahan hidup dan berkembang. Dengan adanya krisis perekonomian maka dampak yang dirasakan pada hotel-hotel yaitu menurunnya tingkat hunian (Occupancy). Hal ini tentu saja dapat merugikan industri perhotelan. Industri yang dapat tetap bertahan akan memenangkan persaingan dan salah satu cara agar dapat bertahan adalah dengan memelihara dan mempertahankan konsumen yang lama dan mencari strategi yang tepat untuk memperoleh konsumen yang baru dengan mengamati perilaku konsumen, gaya hidup dan faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih hotel. Dengan menggunakan metode analisa multivariate seperti factor analysis, cluster analysis, analisa diskriminan, analisa tabulasi silang dan multi dimensional scalling dalam penelitian ini diperoleh informasi bahwa ada hubungan antrara loyalitas dengan gaya hidup seseorang. Dimana untuk cluster yang tidak peduli lingkungan ternyata memiliki tingkat loyalitas gabungan antara Shifting dan Soft Core sedangkan orang yang peduli lingkungan, menyenangi sportif, suka shopping dan menyukai suasana alam ternyata memiliki loyalitas Soft Core, sedangkan orang yang kurang menyukai keramaian dan mode ternyata memiliki tingkat loyalitas Hard Core. Selain itu diperoleh juga informasi tentang kekuatan dan kelemahan suatu hotel baik dari segi reputasi hotel, kesesuaian antara harga dengan servis, suasana kekeluargaan serta hubungan dengan biro travel dan perjalanan. Hasil lain yang diperoleh dalam penelitian ini adalah informasi mengenai rekomendasi yang akan konsumen lakukan jika mereka puas terhadap suatu hotel dihubungkan dengan gaya hidupnya. Informasi yang akan diperoleh akan digunakan sebagai acuan dalam melakukan perbaikan dan menyusun strategi hotel agar lebih baik. Disini strategi yang dilakukan terbagi menjadi dua bagian yaitu strategi untuk hotel-hotel yang memiliki posisi kuat dan sudah benar posisinya dan strategi untuk hotel yang tidak memiliki posisi serta langkah dalam memposisikan kembali hotel tersebut dibenak konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:01
Last Modified: 04 Dec 2013 04:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6764

Actions (login required)

View Item View Item