Analisis Kualitas Pelayanan Di Sanggar Senam Maureen

., Elinawati (1998) Analisis Kualitas Pelayanan Di Sanggar Senam Maureen. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230996

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia dituntut untuk semakin meningkat tidak hanya kebutuhan pokok saja tetapi masih banyak kebutuhan lain yang juga tidak kalah pentingnya misalnya olah raga. Salah satu contoh jenis olah raga yang cukup dikenal adalah senam. Di kota Surabaya sendiri sekarang telah banyak berdiri tempat atau sanggar untuk senam. Hal ini mengakibatkan persaingan yang ketat dalam merebut calon-calon anggota/member yang baru. Sanggar senam Maureen merupakan salah satu dari sejumlah sanggar senam yang ada di Surabaya ingin mengetahui bagaimana tingkat harapan dan kepuasan konsumen terhadap kualitas jasa pelayanan yang tentunya dipengaruhi oleh latar belakang minat konsumen, sehingga dapat merencanakan strategi perbaikan yang efektif dalam menjaring konsumen guna pengembangan usahanya ke arah yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada para anggota/member sanggar senam Maureen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskiptif untuk menggambarkan karakteristik atau latar belakang konsumen secara umum. Kemudian dilanjutkan dengan Analisis Cluster yang didukung oleh analisis Diskriminan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan tingkat harapan. Selanjutnya untuk menguji apakah tiap-tiap cluster yang terbentuk perbedaan terhadap tingkat harapan. Dan untuk mengetahui karakteristik masing-masing cluster dilakukan analisis lebih lanjut dengan menggunakan analisis Ketergantungan. Selain itu juga dilakukan analisis Gap 5 terhadap masing-masing cluster dengan acuan variabel-variabel dan 5 Dimensions of Service Quality. Berdasarkan hasil analisis di atas, terbentuk 4 cluster dengan perbedaan latar belakang usia. Dari hasil analisis manova dapat diketahui bahwa cluster 3 mempunyai tingkat harapan yang tertinggi sedangkan cluster 2 mempunyai tingkat harapan yang terendah. Hasil lain dari penelitian ini adalah dapat diketahuinya variabel-variabel apa saja yang perlu mendapat perhatian dari pihak sanggar senam Marueen. Kemudian diadakan perbaikan terhadap variabel-variabel yang terletak pada kuadran IV, dimana variabel-variabel tersebut mempunyai tingkat ekspektasi lebih tinggi dari rata-rata tetapi tingkat persepsinya berada di bawah rata-rata. Setelah variabel pada kuadran IV diperbaiki maka dilanjutkan perbaikan variable pada kuadran I, dimana variabel-variabel tersebut meskipun mempunyai tingkat ekspektasi dan persepsi yang tinggi di atas rata-rata, tetapi tingkat ekspektasinya masih jauh lebih tinggi dari tingkat persepsinya. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak sanggar senam Maureen untuk meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga member/anggota menjadi loyal.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 03:49
Last Modified: 04 Dec 2013 03:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/6766

Actions (login required)

View Item View Item