Analisis Dampak Penerapan Result Control terhadap Motivasi dan Perilaku Kerja Konsultan Oriflame

Widhiati, Peni Erna (2004) Analisis Dampak Penerapan Result Control terhadap Motivasi dan Perilaku Kerja Konsultan Oriflame. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153072

Abstract

Dalam management control system, terdapat beberapa macam kategori aktivitas, salah satunya adalah result control yang disebut juga dengan pay for peiformance, yaitu pemberian reward & punishment untuk individu maupun kelompok dalam suatu badan usaha berdasarkan hasil kinerjanya. Contoh yang paling jelas dari penerapan result control adalah multi level marketing yaitu suatu bisnis yang memasarkan produk atau jasa berkualitas melalui individu-individu independen atau tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan yang membangun suatu organisasi kerja yang disebut dengan jaringan atau grup. Untuk mengimplementasikan result control diperlukan beberapa tahapan seperti penentuan dimensi kinerja, pengukuran kinerja, penetapan target, serta pemberian reward dan punishment. Pelaksanaan bisnis MLM khususnya Oriflame juga melakukan tahapan result control. Dengan adanya tahap penentuan dimensi kinerja membuat para konsultan 1 berusaha menunjukkan kinerja terbaiknya melalui dimensi-dimensi kinerja yang ada. Mereka yakin bahwa apa yang menjadi tujuannya harus mereka usahakan melalui dimensi kinerja yang ada. Hal tersebut disebabkan karena pihak perusahaan akan melakukan tahap kedua yaitu pengukuran kinerja melalui dimensi kinerja tersebut. Hasil dari tahapan tersebut akan dikompensasikan dengan reward yang telah ditentukan. Tidak hanya itu melalui tahapan yang ketiga perusahaan juga akan menetapkan target-target tertentu yang mampu memotivasi para konsultan untuk meningkatkan kinerjanya. Sehingga seorang konsultan akan berusaha dan termotivasi untuk mencapai target yang telah ditetapkan dengan harapan memperoleh reward baik secara financial maupun non financial yang diberikan oleh pihak perusahaan. Peningkatan yang terjadi pada perusahaan multi level marketing, khususnya Oriflame baik peningkatan jumlah konsultan maupun peningkatan volume penjualan, tidak lepas dari adanya penerapan result control yang berhubungan dengan meningkatnya motivasi para konsultannya. Dan studi ini akan mempelajari sejauh mana dampak dari setiap tahapan result control terhadap motivasi dan perilaku para konsultannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:55
Last Modified: 01 Jul 2014 03:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7064

Actions (login required)

View Item View Item