Hubungan Antara Kualitas Layanan dengan Kepuasan Nasabah Produk VIP Banking Lippo Bank

., Yuliana (2004) Hubungan Antara Kualitas Layanan dengan Kepuasan Nasabah Produk VIP Banking Lippo Bank. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148772

Abstract

Bangkitnya perekonomian Indonesia pasca krisis moneter telah membuat perusahaan-perusahaan berusaha untuk mengembalikan kondisi usahanya. Pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa terutama pada perbankan dihadapkan pada permasalahan bam yaitu bagaimana bank-bank yang ada saat ini dapat menghimpun dana masyarakat dengan memperoleh kembali kepercayaan masyarakat sesuai dengan perkembangan jaman. VIP Banking LippoBank merupakan produk khusus yang ditujukan untuk menghimpun dana masyarakat dengan mengutamakan keunggulan produk yang mengutamakan konsumen sebagai nasabah istimewa dan menjadikan nasabah puas dengan produk tesebut. Melalui kualitas layanan yang diberikan, penelitian ini menguji hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasan nasabah produk VIP Banking LippoBank. Dengan menggunakan teknik convenience sampling kepada 79 nasabah VIP Banking LippoBank sebagai metode pengambilan sampel disertai dengan cara pengumpulan data melalui data primer yaitu angket dan data sekunder yaitu data perusahaan yang diterbitkan, data terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda untuk hipotesis mayor dan teknik korelasi parsial jenjang kedua untuk hipotesis minor. Hasil penilitian menyebutkan untuk hipotesis mayor babwa terdapat hubungan yang signifikan antara variable kualitas layanan dengan kepuasan nasabah produk VIP Banking LippoBank dengan uilai koefisien determinasi (R') sebesar 0,952 dan nilai p atau siguifikansi p<0,05. Untuk hipotesis monor, variable keandalan berkorelasi secara signifikan dengan kepuasan nasabah VIP Banking sebesar rxly2345=0,331, dengan nilai p<0,05, variable daya tanggap tidak berkorelasi secara signifikan dengan kepuasan nasabab VIP Banking sebesar rx2yl345=0,053, dengan nilai p >0,05, variable jaminan berkorelasi secara signifikan dengan kepuasan nasabah VIP Banking sebesar rx3yl245=0,327, dengan nilai p<0,05, variable empati berkorelasi secara signifikan dengan kepuasan nasabah VIP Banking sebesar rx4y1235=0,485, dengan p<0,05, variable bukti langsung berkorelasi secara signifikan dengan kepuasan nasabah VIP Banking sebesar rx5yl234=0,603, dengan nilai p<0,05. Berdasarkan basil tersebut maka saran yang dikemukakan bagi pihak manajemen LippoBank adalah bahwa kualitas layanan dapat digunakan sebagai strategi untuk kepuasan nasabah. Secara khusus, bukti langsung dapat digunakan sebagai strategi pemuasan nasabah yang efektif.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Jan 2014 03:49
Last Modified: 09 Jan 2014 03:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

View Item View Item