Analisis Ekuitas Merek HP Ericsson

., Hendri (2000) Analisis Ekuitas Merek HP Ericsson. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136572

Abstract

Dengan meningkatnya mobilitas masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar, membuat kebutuhan akan telepon selular atau disingkat ponsel meningkat pula dengan cepat. Dengan semakin banyaknya permintaan maka dengan sendirinya ponsel tersebut menjadi lebih banyak ditawarkan oleh badan-badan usaha untuk mencari peluang pasar. Dengan semakin tajamnya persaingan yang ada maka setiap merek ponsel harus mempunyai keunggulan dibanding merek yang lain. Keunggulan ini dapat memberikan nilai yang lebih tinggi terhadap pelanggan. Dalam mencapai nilai tersebut dapat dilakukan dengan menanamkan brand equity (ekuitas merek) yang kuat, sehingga dapat memberikan nilai yang tinggi buat pelanggan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : mengetahui kesadaran konsumen terhadap merek ponsel Ericsson, mengetahui kesan atau persepsi konsumen terhadap kualitas ponsel Ericsson, mengetahui asosiasi konsumen terhadap merek ponsel Ericsson, mengetahui loyalitas konsumen terhadap merek ponsel Ericsson, serta mengetahui posisi merek ponsel Ericsson terhadap para pesaing. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang pernah membeli, memakai, atau mengetahui ponsel Ericsson. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik konsumen secara umum, analisis cluster untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan bagian loyalitas merek, analisis diskriminan untuk menentukan jumlah cluster yang optimal, analisis manova untuk membedakan cluster yang terbentuk, analisis ketergantungan untuk mengetahui karakteristik masing-masing cluster, serta analisis multidimensional scaling untuk mengetahui posisi merek diantara para pesaing. Berdasarkan analisis data diketahui responden terbagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama mempunyai tingkat kesadaran merek lebih rendah dari kelompok kedua. Pada bagian kesan kualitas responden setuju dengan desain warna ponsel Ericsson yang menarik, sedangkan pada bagian asosiasi merek responden setuju bahwa Ericsson memiliki banyak pilihan model, dan pada bagian image responden setuju dangan image Ericsson sebagai ponsel dengan inovasi tinggi. Pada kelompok kedua menyatakan bahwa ponsel Ericsson sebagai Top of Mind Awareness atau dengan kata lain memiliki brand awareness yang tinggi. Pada bagian kesan kualitas responden pada kelompok kedua setuju dengan model ponsel Ericsson yang fashionable, pada bagian asosiasi merek responden setuju ponsel Ericsson memiliki pilihan warna, dan pada bagian image setuju bahwa kualitas ponsel Ericsson terjamin.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2014 10:40
Last Modified: 22 Jan 2014 10:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7402

Actions (login required)

View Item View Item