Analisis Perilaku Konsumen dan Perencanaan Strategi Pemasaran Di PT. XYZ.

Wijaya, Johnnie (2001) Analisis Perilaku Konsumen dan Perencanaan Strategi Pemasaran Di PT. XYZ. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136407

Abstract

PT. 'XYZ' adalah perusahaan pembuat makanan kecil atau snack. Jenis-Jenis snack yang diproduksi adalah snack bipang, snack jagung dan pennen. Target market penjualan bipang pada mulanya adalah kalangan menengah ke bawah. Perusahaan ingin memperluas target marketnya meliputi kalangan menengah ke bawah dan menengah ke atas. Munculnya pesaing yang semakin banyak dan produk yang sejenis dalam pasar maka perusahaan dituntut untuk menyusun suatu strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam membeli bipang, mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dikembangkan oleh perusahaan pada produknya serta menetapkan strategi pemasaran yang lebih efektif berdasarkan hal diatas dan memberi masukan-masukan kepada perusahaan dalam meningkatkan kualitas produknya. Metode yang dipakai oleh penulis adalah analisis deskriptif untuk mengetahui frekuensi jawaban responden, mengelompokkan responden menjadi 2 kelompok, mengetahui variabel latar belakang tiap kelompok dengan Crosstabs, mengetahui perbedaan harapan antara 2 kelompok konsumen dengan Manova, menghitung kepuasan konsumen bipang Jangkar dan variabel yang dipentingkan konsumen potensial dengan melihat mean setiap variabel yang berada diatas rata-rata keseluruhan. Konsumen dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu konsumen bipang Jangkar dan konsumen potensial (yang belum pernah mengkonsumsi bipang Jangkar). Latar belakang yang membedakan tiap kelompok adalah umur, pekerjaan, pengeluaran per bulan, tempat membeli bipang, harga beli per bungkus, dan jumlah bipang yang dibeli dalam 1 bulan. Variabel-variabel yang dipentingkan dalam mengukur kepuasan konsumen bipang Jangkar dan konsumen potensial adalah rasa enak, rasa beragam, kemasan menarik, kemasan mudah dibuka, harga sesuai, kualitas baik, diskon yang ditawarkan menarik, tersedia di banyak toko, promosi gencar, dan komposisi bahan tertulis jelas. Berdasarkan hasil diatas, wawancara outlet maka strategi pengembangan pasar yang diterapkan, dengan melayani konsumen menengah ke bawah dan menengah ke atas. Bipang Jangkar jenis DB diposisikan untuk konsumen menengah ke bawah dengan harga antara Rp. 1500,-sampai Rp.2000,-. Kemasan kertas pembungkus dikurangi agar lebih efisien, promosi dilakukan dengan membagi sampel gratis di toko-toko maupun pasar, distribusi bipang Jangkar jenis DB pada toko-toko dan pasar, dan rasa divariasi serta aroma dan warnanya juga divariasi. Bipang Jangkar jenis DM dan DH diposisikan untuk konsumen menengah ke atas dengan harga antara Rp.2000,- sampai Rp.2500,-. Bentuk kemasan dalam plastik tebal dan berwarna yang luks, promosi dengan pembagian sampel di toko-toko besar (supermarket), distribusi dengan menambah jumlah salesman dan intensitas pengiriman, serta rasa divariasikan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:04
Last Modified: 27 Jan 2014 04:04
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7529

Actions (login required)

View Item View Item