Susilowati, Juli (2003) Perancangan corporate scorecard dalam rangka menerjemahkan perspektif academic and administrative processes pada SMUK Kolose Santo Yusuf di Malang, Jawa Timur. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Seiring dengan semakin majunya teknologi dan informasi, mengakibatkan dunia pendidikan harus bisa bertahan dan terns bersaing untuk menjadi yang terbaik. Hal ini terutama dirasakan oleh jenjang pendidikan Sekolah Menengah Umum yang dituntut untuk bisa memberikan jasa pendidikan yang baik, mengeluarkan lulusan yang qualified dan memberikan jalan ke masa depan yang menjanjikan. Oleh karena itu untuk menghadapi semua itu, suatu sekolah harus dapat menetapkan strategi yang tepat agar dapat bersaing secara kompetitif dengan yang lainnya. Terkait dengan strategi dan pengukuran kinerja, SMUK Kolese Santo Yusup yang merupakan salah satu SMU yang cukup temama di Malang ini belum memiliki pengukuran kinerja yang jelas. Fokus pengukuran pihak sekolah untuk menilai kinerjanya selama ini hanya dari jumlah siswa yang masuk dan dari hasil prestasi yang diraih oleh siswanya baik di bidang eksakta maupun non eksakta. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran kinerja adalah Balanced scorecard. Untuk dunia pendidikan, istilah balanced scorecard tersebut dimodifikasi menjadi Corporate scorecard. Corporate scorecard ini akan membantu pihak sekolah dalam usaha menerjemahkan visi, misi ke dalam strategi, tujuan dan ukuran. Balanced scorecard terdiri dari 4 perspective, yaitu financial, customer, internal business process, dan learning and growth. Untuk model corporate scorecard juga terdiri dari 4 perspective yang merupakan modifikasi balanced scorecard, yaitu resource management, constituents, academic and administrative processes dan people and work environment. Pembahasan skripsi m1 difokuskan pada academic and administrative processes, istilah untuk customer perspective pada balanced scorecard. Hal itu karena saat ini peran para siswa dan orang tua telah berubah. Mereka mempunyai kesempatan untuk memilih jasa yang ditawarkan dan menuntut kepuasan terkait dengan jasa pendidikan yang mereka terima. Melihat itu semua, sekolah yang memfokuskan pada para siswa dan orang tua terkait dengan satisfaction harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan mereka. Pangsa pasar, customer retention, customer acquisition dan proporsi nilai dari para siswa merupakan hal yang penting bagi sekolah. Dari situ akan dapat diketahui bagaimana kinerja sekolah dipandang dari aspek para siswa dan orang tua selaku pihak yang terkait. Dengan pengukuran kinerja tersebut, SMUK Kolese Santo Yusup diharapkan dapat mengevaluasi kegiatan operasionalnya yang dituangkan dalam strategi, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan apa yang menjadi visi dan misi sekolah pada akhimya dapat tercapai.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 29 Jan 2014 07:41 |
Last Modified: | 29 Jan 2014 07:46 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7654 |
Actions (login required)
View Item |