Pranata, Setiyadi (2001) Analisis Kualitas Layanan pada Kolam Renang Water Park Kenjeran dan Graha Residen Darmo Harapan di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pada saat ini banyak dijumpai tempat-tempat pemandian (kolam renang), yang ditawarkan oleh badan usaha kepada konsumen di surabaya, hal ini menyebabkan semakin terbukanya kesempatan bagi konsumen untuk dapat memilih tempat pemandian yang hendak digunakan untuk berenang. Untuk memilih tempat pemandian yang ada saat ini, konsumen diharapkan untuk memperhatikan kualitas dari tempat pemandian tersebut, sehingga konsumen menjadi benar-benar puas terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan. Karena banyaknya tempat pemandian, maka banyak diantara konsumen yang memperbandingkan kualitas tempat pemandian satu dengan yang lain dengan yang menawarkan produk dan jasa yang sejenis. Saat ini banyak tempat pemandian yang ada di Surabaya dan memiliki kualitas yang berbeda-beda. seperti halnya tempat pemandian Water Park Kenjeran, dan Graha Residen Darmo Harapan dimana masing-masing tempat tersebut memiliki kualitas dan keunggulan tersendiri. Adapun langkah-langkah penelitian yang diambil antara lain mengidentifikasikan permasalahan yang ada, menetapkan tujuan penelitian, study Kepustakaan dan survey awal, mengidentifikasi variabel-variabel yang berkaitan dengan demografi konsumen dan kualitas dari produk tersebut, penentuan populasi dan penarikan sample, pengumpulan data, uji validitas dan reabilitas terhadap data yang ada, pengolahan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan dan memberikan saran. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ii adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang konsumen secara umum, analisis pengelompokan untuk mengelompokkan konsumen dari dari masing-masing tempat pemandian, analisis gaya hidup yang didasarkan pada gaya hidup Cohort, analisis ketergantungan bertujuan mengetahui factor demografi yang mempengaruhi pengelompokan yang terbentuk. Kemudian diadakan analisis kuadran yang bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel fasilitas layanan mana yang menjadi kelemahan masing-masing kelompok konsumen. Dari hasil pengolahan dan analisis dapat diketahui bahwa pengunjung kolam renang Water Park Kenjeran memiliki gaya hidup yang lebih berorientasi pada hiburan (42,7%), sedangkan ditinjau dari persepsi konsumen, persepsi pengunjung kolam renang Graha Residen Darmo Harapan lehih baik dari tingkat kepuasan, kelima dimensi (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) memiliki gap yang bernilai negatif yang berarti ada ketidakpuasan terhadap variabel tersebut.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 07 Feb 2014 10:07 |
Last Modified: | 07 Feb 2014 10:07 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7764 |
Actions (login required)
View Item |