CAL Bahasa Jepang dengan Pengenalan Karakter

Setiawan, Dony (2004) CAL Bahasa Jepang dengan Pengenalan Karakter. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137467

Abstract

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang memerlukan proses dalam pembelajarannya karena memiliki tingkat kesulitan yang tersendiri bila dibandingkan dengan bahasa yang lain. Setiap huruf dalam bahasa Jepang memiliki tata cara tersendiri dalam penulisannya dan masing - masing huruf memiliki arti tersendiri. Hal ini menyebabkan dalam mempelajari bahasa Jepang diperlukan latihan dan bimbingan yang terus menerus. Untuk mempermudah proses pembelajaran tersebut dibutuhkan fasilitas yang memadai seperti kursus dan buku · pelajaran bahasa Jepang. Namun untuk mengikuti kursus dibutuhkan waktu tertentu dan juga biaya. Sedangkan program CAL yang tersedia saat ini tidak disertai cara penulisan karakter sehingga pengguna program CAL tidak dapat mengetahui latihan menulis huruf yang telah dilakukan itu benar atau salah. Dalam program ini disertai langkah - langkah penulisan sebuah karakter dan penilaian dari setiap coretan yang dilakukan pengguna. Perangkat lunak yang dibuat ini diharapkan dapat menjadi salah satu media yang dapat digunakan dalam memahami cara dan langkah -langkah penulisan bahasa Jepang. Program CAL Bahasa Jepang Dengan Pengenalan Karakter yang dibuat ini memberikan pembelajaran bahasa Jepang secara bertahap, mulai dari pengenalan terhadap karakter, latihan menulis karakter hingga evaluasi cara penulisan. Dari evaluasi soal yang dikerjakan oleh pengguna, program akan menilai jawaban yang telah dimasukkan oleh pengguna, sehingga terjadi interaksi antara program dan pengguna program yang diharapakan dapat membantu belajar bahasa Jepang dengan lebih aktif. Untuk mengetahui tingkat pemahaman pengguna terhadap program CAL ini dilakukan survei pada 30 orang dimana setengahnya sudah pernah belajar bahasa Jepang. Dari hasil survei tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok tersebut memiliki tingkat pemahaman yang setara dalam pemahaman program yaitu dengan tingkat kebenaran dalam penulisan karakter yang mencapai 27 orang yang memiliki tingkat kebenaran 60% keatas, dimana tingkat kebenaran 60% itu sudah memenuhi syarat kebenaran dalam menulis suatu karakter. Hal ini menunjukkan program ini mampu memberikan pemahaman yang mudah bagi setiap orang dalam memahami cara dan langkah - langkah penulisan bahasa Jepang. Saran yang dapat dijadikan sebagai masukan dalam penggembangan CAL ini adalah sebaiknya dalam pengenalan penulisan tidak hanya dapat mengenali satu karakter saja tetapi dapat mangenali sebuah kalimat sehingga pengguna dapat memahami bahasa Jepang secara lebih mendalam.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 17 Feb 2014 03:57
Last Modified: 17 Feb 2014 03:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item