Tedry, Reymond (2005) Pembuatan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Mandarin Level Dasar. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang penting saat ini, karena selain bahasa Inggris, bahasa Mandarin banyak dipakai di dunia ini. Keadaan yang demikian menyebabkan adanya pendidikan Mandarin di sekolah-sekolah baik Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) dan menjamurnya kursus-kursus bahasa Mandarin. Tetapi teknik pengajaran yang mengandalkan buku paket menyebabkan murid malas untuk belajar bahasa Mandarin. Selain itu waktu belajar yang terbatas di dalam kelas menyebabkan murid lupa apa yang sudah diterima di kelas karena guru hanya mengulang beberapa kali pengucapan saja. Salah satu penyelesaian yang dapat dicoba untuk mengatasi permasalahan ini adalah memanfaatkan komputer yaitu dengan metode pembelajaran multimedia interaktif. Pembelajaran multimedia interaktif dipilih karena selain dapat menyampaikan materi dengan baik, adanya suara, video, gambar dan animasi sangat menarik dan tidak membuat pemakai bosan untuk belajar. Aplikasi ini dirancang dalam bentuk tutorial serta game-game untuk menguji apakah yang diajarkan sudah tepat sasaran atau belum. Tutorial yang ada di aplikasi ini antara lain adalah tentang bagaimana cara menulis huruf Mandarin dengan baik yaitu sesuai dengan urutan yang benar serta adanya video tata cara menulis sebagai pedoman sebelum memasuki pelajaran yang sebenarnya sebanyak 10 (sepuluh) bab, juga adanya tutorial tentang bagaimana cara membaca nada Mandarin dengan baik sesuai dengan sistem Hanyu Pinyin yang ada. Sedangkan game-game tersebut antara lain adalah game memori untuk latihan membaca dan mendengar nada serta game pilihan ganda untuk latihan menulis dan mengenal goresan. Pengujian pemahaman dari murid diberikan oleh sistem komputer dengan mengajukan pertanyaan dan jawaban dari siswa kemudian dievaluasi. Uji coba dilakukan dengan dua tahap yaitu verifikasi dan validasi. Pada tahap verifikasi, hasil dari implementasi akan dicoba dengan data yang banyak untuk membuktikan tidak ada kesalahan lagi. Sedangkan pada tahap validasi, hasil dari implementasi dicobakan kepada beberapa pemakai untuk memastikan hasil implementasi sesuai dengan yang diinginkan. Berdasarkan hasil uji coba maka diketahui bahwa aplikasi multimedia bahasa Mandarin level dasar ini dapat membantu dalam belajar bahasa Mandarin.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 19 Feb 2014 03:09 |
Last Modified: | 19 Feb 2014 03:09 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7907 |
Actions (login required)
View Item |