Pengaruh Pelatihan Handling Student terhadap Kemampuan Guru dalam Mengontrol Perilaku Disruptive Siswa

Purnamawati, Indah (2004) Pengaruh Pelatihan Handling Student terhadap Kemampuan Guru dalam Mengontrol Perilaku Disruptive Siswa. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151997

Abstract

Proses belajar mengajar di dalam kelas seringkali tidak dapat berjalan dengan baik disebabkan karena adanya perilaku disruptive yang dimunculkan siswa. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan guru untuk mengontrol munculnya perilaku tersebut. Dalam pelatihan Handling Student, guru diasah kemampuan mengontrol perilaku disruptive siswa melalui tiga materi, yaitu kemampuan manajemen kelas, kemampuan berperilaku asertif, dan kemampuan memahami perkembangan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data empiris yang menunjukkan adanya pengaruh terhadap penerapan pelatihan Handling Student terhadap kemampuan guru mengontrol perilaku disruptive siswa. Penelitian menggunakan data pengamatan dan wawancara tidak terstruktur kepada subjek dan siswa didik subjek untuk mengetahui perubahan perilaku positif dan perilaku negatif dalam kemampuan mengontrol perilaku disruptive sebelum dan sesudah pelaksanaan pelatihan Handling Student pada guru SDN Ujung I Surabaya. Dengan menggunakan teknik analisis data Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan hasil adanya perubahan yang signifikan pada perilaku positif antara sebelum dan sesudah pelaksanaan pelatihan Handling Student (z=-2,032 dan p=0,042) serta tidak adanya perubahan yang signifikan pada perilaku negatif subjek penelitian antara sebelum dan sesudah pelatihan Handling Student (z=-0,542 dan p=0,588). Dari wawancara dengan subjek penelitian didapat hasil seluruh subjek penelitian merasakan manfaat pelaksanaan pelatihan Handling Student, tetapi hanya S4 dan S5 yang langsung menerapkannya pada kondisi kelas, selebihnya baru berusaha menerapkannya pada tahun ajaran depan. Berdasarkan wawancara tidak terstruktrur kepada siswa subjek penelitian didapatkan hasil perilaku S2 dan S3 tidak menunjukkan adanya perubahan, sementara pada S4 dan S5, siswa didik merasakan adanya perubahan perilaku. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan Handling Student mempengaruhi perubahan perilaku positif dalam mengontrol perilaku disruptive namun tidak mempengaruhi perubahan perilaku negatif dalam mengontrol perilaku disruptive.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 20 Feb 2014 07:32
Last Modified: 20 Feb 2014 07:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7950

Actions (login required)

View Item View Item