Analisis Psikografi Nasabah Muslim Bank Syariah

Dewi, Ainil Farah Kesuma (2004) Analisis Psikografi Nasabah Muslim Bank Syariah. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148765

Abstract

Munculnya perbankan syariah di Indonesia dan dikeluarkannya fatwa MUI tentang haramnya bunga bank konvensional merupakan fenomena yang menarik mengingat hampir sebagian besar penduduk Indonesia khususnya di Jawa Timur adalah muslim, namun pada kenyataannya hal-hal itu tidak mendorong mayoritas umat Islam untuk menjadi nasabah bank syariah. Ternyata determinan perbedaan indi vidu yang merupakan salah satu determinan dari variabel keputusan konsumen cukup berpengaruh atas fenomena ini. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikografi untuk mengetahui determinan perbedaan individu pada nasabah bank syariah. Pendekatan psikografi digunakan untuk memilah-milah nasabah berdasarkan respon nasabah, dimana respon-respon tersebut akan merefleksikan tentang konsep diri dan gaya hidup dalam sikap, opini maupun persepsi konsumen tentang atribut-atribut dari produk. Dalam pendekatan psikografis ini digunakan VALS™ yang merupakan program untuk segmentasi dari SRI Consulting Bussines Intelligence untuk mengetahui tentang segmen psikografi yang mayoritas ditempati oleh nasabah muslim bank syariah. Subyek penelitian adalah 120 orang nasabah muslim bank syariah di Surabaya. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner baku dari VALS . Untuk menganalisa data yang ada, maka peneliti memasukkan data dari masing-masing responden yang sudah terkumpul kedalam kuesoiner VALS™ yang on line di situs SRI Consulting Business Intelligence untuk dianalisa, hasilnya menunjukan bahwa mayoritas nasabah muslim bank syariah cenderung berada dalam segmen Striver (55%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nasabah muslim bank syariah adalah orang-orang yang lebih memikirkan tentang membentuk citra sebagai seorang muslim yang taat dibandingkan dengan pendapat mereka tentang bunga bank konvensional. Dari penelitian tersebut penulis menyarankan agar pihak bank syariah memberikan perhatian yang lebih serius pada pengembangan produk-produk yang dapat memperkuat citra nasabah sebagai seorang muslim yang taat dan juga lebih memperluas jaringannya. Dengan demikian diharapkan bank syariah dapat menjaring nasabah yang lebih banyak dari segmen tersebut. Namun jika ingin lebih mengembangkan segmennya maka bank syariah hendaknya mengembangkan produk-produk yang bervariasi sesuai dengan sifat masingmasing segmen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 24 Feb 2014 06:40
Last Modified: 24 Feb 2014 06:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8067

Actions (login required)

View Item View Item