Kepuasan Konsumen Agribisnis Bunga Potong

Intan D.P., Fransiska (2004) Kepuasan Konsumen Agribisnis Bunga Potong. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148753

Abstract

Agribisnis bunga potong merupakan kegiatan usaha dalam bidang pertanian, degan tujuan memperdagangkan hasil produk perkebunan mencakup bunga potong, daun, dan hiasan pelengkapnya. Pada dasarnya, tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan konsumen yang puas. Kepuasan konsumen adalah evaluasi pasca konsumsi bahwa suatu alternatif yang dipilih setidaknya memberikan hasil (outcome) memenuhi atau melebihi harapan. Dua faktor yang sangat mempengaruhi kepuasan konsumen adalah harapan dan kinerja. Dalam konteks kepuasan, harapan merupakan perkiraan atau keyakinan konsumen tentang apa yang akan diterimanya bila ia mengkonsumsi suatu produk. Sedangkan kinerja merupakan persepsi konsumen terhadap apa yang ia terima setelah mengkonsumsi produk atau layanan yang didapat dari perusahaan. Tetapi, seringkali timbul ketidakpuasan konsumen bila kinerja secara tidak tepat memenuhi harapan. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pada atribut mana kepuasan konsumen, khususnya pada agribisnis bunga potong, yang diukur menggunakan teori Dutka ( 1994 ). Populasi dari penelitian ini adalah konsumen PT Omniflora dengan karakteristik pernah melakukan pembelian lebih dari dua kali kesempatan pembelian, merupakan pengambil keputusan dalam pembelian, dan yang berdomisili di Surabaya. Sampel sejumlah 40 orang diambil dengan teknik incidental sampling, dimana peneliti mengambil empat segmen pasar sebagai konsumen utama PT Omnifllora berdasarkan database perusahaan. Pengumpulan data menggunakan angket yang dibuat sendiri oleh peneliti dan telah diuji. Hasil pengujian validitas untuk atribut-atribut yang berkaitan dengan produk, diperoleh hasil 19 butir pernyataan valid, dengan indeks reliabilitas alpha sebesar 0,8835. Hasil pengujian validitas untuk atribut-atribut yang berkaitan dengan pelayanan, diperoleh hasil 11 butir pernyataan valid, dengan indeks reliabilitas alpha sebesar 0,8546. Hasil pengujian validitas untuk atribut-atribut yang berkaitan dengan pembelian, diperoleh hasil 16 butir pernyataan valid, dengan indeks reliabilitas alpha sebesar 0,8266. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kepuasan konsumen agribisnis bunga potong adalah pada atribut yang berkaitan dengan produk sebagian besar berfokus pada product reliability and consistency, dan atribut yang berkaitan dengan pelayanan fokus utamanya delivery. Sedangkan ketidakpuasan konsumen agribisnis bunga potong adalah pada atribut yang berkaitan dengan pembelian dan berfokus pada courtesy. Dengan mengetahui hasil penelitian yang ada, maka implikasi dari penelitian ini bagi PT Omniflora adalah (a) meningkatkan kualitas produk secara keseluruhan dan menetapkan harga yang terjangkau, (b) lebih memperhatikan keluhan konsumen untuk meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik, (c) lebih sering mengadakan promosi untuk meningkatkan komunikasi, seperti work shop merangkai bunga atau kursus kilat sehari membuat rangkaian hand bouquet.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 26 Feb 2014 04:45
Last Modified: 11 Apr 2014 07:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8112

Actions (login required)

View Item View Item