Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Seseorang untuk Berwirausaha

Andriana, Erna Christin (2003) Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Seseorang untuk Berwirausaha. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148894

Abstract

Kewirausahaan yang terbentuk dalam diri seseorang diawali dengan adanya inovasi. Inovasi adalah usaha untuk menciptakan, menemukan dan menerima ide-ide baru. Adanya inovasi dalam diri seseorang, maka akan mendorong seseorang mencari kearah kejadian pemicu yang kemudian diimplementasikan dan akhirnya menjadi berkembang. Dari adanya inovasi sampai wirausaha itu tumbuh menjadi berkembang, dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik itu dari faktor dalam diri pribadi maupun diluar dari pribadi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan empat faktor milik Bygrave ( 1996), untuk mendapat gambaran mengenai faktor yang mempengaruhi seseorang untuk berwirausaha. Keempat faktor tersebut terdiri dari faktor pribadi, faktor lingkungan faktor sosiologi, dan faktor organisasi. Penelitian survai ini ditujukan pada wirausaha kecil. wirausaha kecil yang dimaksud adalah wirausaha yang memiliki total asset maksimal Rp. 200 juta rupiah, tidak termasuk rumah dan tanah. Sampel penelitian (N=5) adalah para wirausaha kecil yang terdiri dari satu wanita dan empat laki-laki dengan usia sekitar 24-30 tahun yang bergerak diberbagai bidang usaha. Pengumpulan data menggunakan met ode wawancara terpimpin (guaded interview ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat faktor yang mempengaruhi seseorang untuk berwirausaha adalah faktor personal, faktor sosiologi dan faktor organisasi. Pada faktor personal hampir semua aspek mempengaruhi sampel untuk berwirausaha, kecuali pada aspek pendidikan. Menurut mereka pendidikan tidak mempengaruhi seseorang untuk memulai suatu usaha. Sedangkan pada faktor sosiologi semua aspek mempengaruhi sampel untuk memulai suatu usaha, karena menurut mereka dengan adanya dukungan dari orang tua, keluarga dan relasi memicu mereka untuk membuka suatu usaha, dan pada pertumbuhan wirausaha akan dipengaruhi oleh faktor organisasi yang menurut hasil penelitian hanya pada aspek kerjasama, produk dan strategi yang mempengaruhi perkembangan usaha mereka. Dari hasil penelitian faktor lingkungan ternyata kurang mempengaruhi seseorang untuk berwirausaha, karena yang berpengaruh hanya pada aspek sumberdaya, peluang pelanggan dan pemasok.Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan teori Hisrich yang lebih sesuai untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk berwirausaha.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 26 Feb 2014 05:38
Last Modified: 26 Feb 2014 05:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8114

Actions (login required)

View Item View Item