Cahyeni, Theresia (2004) Analisa Citra Toko Di Manokwari. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Dekade ini adalah dekade yang penuh tantangan bagi para pengusaha ritel. Segala kemajuan yang terjadi, terutama di bidang teknologi dan kesempatan berusaha, membawa dampak semakin sengitnya persaingan antar pengusaha ritel. Kota Manokwari adalah salah satu kota berkembang di Papua juga berkembang di bidang ritel. Dengan jumlah toko yang semakin banyak berdampak terjadinya persaingan antar toko dalam menarik konsumen. Menciptakan dan mempertahankan citra toko yang positif dimata konsumen adalah salah satu kunci sukses retailer. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa jauh peran citra toko di Manokwari Papua di mata dan benak para konsumennya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen toko X, Y dan Z yang ditemui peneliti pada saat mereka datang dan berbelanja. Berusia minimal 15 tahun dengan pendidikan terakhir SMP. Sample sejumlah 400, masing-masing untuk toko X sebanyak 134 sampel, toko Y sebanyak 133 sampel dan toko Z sebanyak: 134 sampel, diambil dengan teknik incidental sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang diadaptasi langsung dari Journal of Marketing Theory and Practice Spring 1998, Vol. 6, No.2 halaman 72-86 (Jhinuk Chowdhury, James Reardon, dan Rajesh Srivastava ) yang terdiri dari 5 komponen yaitu : layanan karyawan, kualitas barang, atmosfir ( suasana ), kenyamanan dan harga. Data yang didapat, diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dihitung mean-nya lalu hasilnya dimasukkau dalam tabel perbandingan. Sedangkan data demografis diolah ke dalam tabulasi silang. Hasil dari penelitian ini adalah, pertama, citra toko yang paling positif adalah toko X dengan nilai mean total store image yang paling rendah yaitu 2,92, kemudian toko Z dengan nilai mean total store image 2,67 dan toko Y dengan nilai mean total store image 3,97. Dan kedua, data demografis dimana mayoritas jenis kelamin konsumen toko di Manokwari adalah perempuan ( 62% ), mayoritas usia konsumen toko di Manokwari adalah 21-25 tahun (25%), mayoritas pendidikan terakhir konsumen toko di Manokwari adalah SMA (50%), mayoritas pendapatan konsumen toko di Manokwari adalah >Rp 600.000-900.000/bulan (34,8%), mayoritas pengeluaran konsumen toko di Manokwari adalah kurang dari Rp 300 .000/bulan (39%), mayoritas gaya hidup konsumen toko di Manokwari adalah strivers (29,8°/o). Dengan mengetahui hasil penelitian, maka implikasi dari penelitian ini adalah (a) mempertahankan atau memperbaiki citra toko yang dimiliki masing-masing toko yang diteliti (b) bagi peritel baru, agar mempersiapkan diri dengan strategi pemasaran yang solid dan efektif dengan tidak melupakan peranan citra toko.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 27 Feb 2014 07:22 |
Last Modified: | 27 Feb 2014 07:22 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8155 |
Actions (login required)
View Item |