Hubungan antara rasa percaya diri dengan kecenderungan kecanduan chatting pada remaja

Purwitasari, Esti Diah (2003) Hubungan antara rasa percaya diri dengan kecenderungan kecanduan chatting pada remaja. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148254

Abstract

Remaja memiliki minat yang tinggi untuk bersosialisasi dan menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain. Agar dapat menjalin hubungan yang produktif, remaja dituntut untuk dapat menjadi individu yang percaya diri. Rasa percaya diri sangat diperlukan dalam menjalin hubungan interpersonal. Sayangnya, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang cukup. Individu yang kurang memiliki rasa percaya diri, biasanya merasa tidak nyaman saat bergaul dengan orang lain karena merasa cemas akan penilaian orang lain terhadapnya. Untuk mengkompensasi hal tersebut, individu mencoba untuk bergaul dengan orang lain dengan media yang berbeda, yaitu media chatting. Individu yang merasa nyaman bergaul di komunitas chatting biasanya akan mengulang perilakunya terus, hingga dapat menimbulkan suatu 'kecanduan'. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada hubungan antara rasa percaya diri seseorang dengan kecenderungan kecanduan chatting. Subyek penelitian ini adalah para pengguna chatting yang berusia 14-17 tahun dan menggunakan chatting selama minimal 6 jam. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 32 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket tentang rasa percaya diri dan angket tentang kecenderungan kecanduan chatting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki rasa percaya diri yang cenderung tinggi sehingga mengalami kecenderungan kecanduan chatting dalam kategori sedang hingga rendah. Hubungan antara rasa percaya diri dan kecenderungan kecanduan chatting memiliki koefisien korelasi r = - 0.457 dan nilai p = 0.009 {<0.01 ). Dari koefisien korelasi ini diperoleh besarnya sumbangan efektif {SE) rasa percaya diri terhadap kecenderungan kecanduan chatting, yaitu sebesar 20.88%. Hal ini berarti masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi kecenderungan kecanduan chatting selain rasa percaya diri

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 03 Mar 2014 02:54
Last Modified: 03 Mar 2014 02:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8185

Actions (login required)

View Item View Item