Perbedaan Preferensi Sumber Daya Guru Ditinjau dari Tempat Mengajar

Riwong, Arina (2004) Perbedaan Preferensi Sumber Daya Guru Ditinjau dari Tempat Mengajar. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148232

Abstract

Perubahan yang terjadi di masyarakat menimbulkan tuntutan-tuntutan baru terhadap peran yang harus dijalani guru. Tuntutan-tuntutan dan sumber daya yang diberikan oleh sekolah dapat mempengaruhi preferensi sumber daya guru. Preferensi sumber daya guru adalah sumber daya-sumber daya yang lebih diperlukan dan lebih ingin dimiliki oleh guru. Guru-guru yang mengajar di sekolah yang sama belum tentu memiliki preferensi sumber daya yang sama karena preferensi sumber daya seseorang dipengaruhi oleh sejarah belajar, pengalaman, dan kemampuan mental orang tersebut. Diperkirakan tempat mengajar akan mempengaruhi preferensi sumber daya guru karena tempat mengajar yang berbeda akan memberikan tuntutan dan sumber daya yang juga berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan preferensi sumber daya guru ditinjau dari tempat mengajarnya yaitu sekolah negeri dan sekolah swasta. Subjek dalam penelitian ini adalah 55 orang guru yang terdiri guru SMU swasta favorit, guru SMU negeri favorit, guru SMU swasta non favorit, dan guru SMU negeri non favorit. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup untuk mengungkap preferensi sumber daya guru serta angket terbuka dan wawancara untuk pembanding dengan angket tertutup dan untuk mengeksplorasi lebih lanjut variabel yang ingin dungkap. Melalui teknik statistik Goodman dan Kruskal tau diketahui ada perbedaan yang cukup signifikan antara preferensi sumber daya tertinggi guru yang mengajar di SMU swasta favorit, SMU negeri favorit, SMU swasta non favorit, dan SMU negeri non favorit (value=0,060, p(0,099)<0,1). Selain itu juga diketahui ada perbedaan yang cukup signifikan antara preferensi sumber daya terendah guru yang mengajar di SMU swasta favorit, SMU negeri favorit, SMU swasta non favorit, dan SMU negeri non favorit (value=0,079, p(0,059)<0,1). Perasaan kurang puas karena tidak terpenuhinya sumber daya yang diinginkan dapat menyebabkan guru merasa frustrasi, cemas, dan apatis terhadap pekerjaannya. Guru tersebut tidak lagi peduli terhadap tingkah laku siswanya. Akibatnya timbul kenakalan siswa yang pada akhirnya akan menyebabkan masyarakat memandang negatif sekolah tempat guru tersebut mengajar. Preferensi sumber daya guru terhadap cinta dan informasi juga akan semakin menurun sehingga guru semakin tidak tertantang untuk meningkatkan produktivitasnya serta mengembangkan ikatan emosional dengan siswa dan rekan kerjanya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 03 Mar 2014 04:10
Last Modified: 03 Mar 2014 04:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8189

Actions (login required)

View Item View Item