Pembuatan Perangkat Lunak Cal Ruang Vektor Pada Mata Kuliah Aljabar Linier

Magareta, Mimi (2006) Pembuatan Perangkat Lunak Cal Ruang Vektor Pada Mata Kuliah Aljabar Linier. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137279

Abstract

Ruang Vektor merupakan salah satu materi yang terdapat pada matakuliah Aljabar Linier yang diajarkan pada mahasiswa Universitas Surabaya jurusan informatika Berdasarkan dari kuesioner yang telah dibagikan kepada mahasiswa sebelum tugas akhir ini dibuat , didapatkan sebuah kesimpulan bahwa mahasiswa membutuhkan bantuan berupa suatu media untuk pembelajaran materi Ruang Vektor. Faktor waktu merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi mahasiswa dalam memahami materi Ruang Vektor. Kurangnya waktu belajar di kelas, juga berpengaruh dengan latihan soal beserta penyelesaiannya yang didapatkan mahasiswa Dengan adanya permasalahan tersebut maka perangkat lunak CAL Ruang Vektor dibuat, untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari materi Ruang Vektor. CAL merupakan sebuah media pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu. Ruang Vektor adalah materi yang diajarkan kepada mahasiswa yang membahas tentang Ruang Vektor Riil, Sub Ruang, Bebas Linier, Basis dan Dimensi juga Ruang Penyelesaian Sistem Homogen. Dari kuesioner yang telah dibagikan kepada mahasiswa dapat dianalisa akan kebutuhan sistem yang diperlukan dalam pembuatan perangkat lunak CAL Ruang Vektor. Kesimpulan yang didapat dari analisa kebutuhan sistem tersebut yaitu sistem yang dapat membantu user dalam memahami materi Ruang Vektor, sistem yang berisi latihan soal yang disertai dengan penyelesaiannya agar user dapat mengetahui jalan penyelesaian soal tersebut, sistem yang berisi evaluasi soal yang dilengkapi dengan sistem waktu dan grafik pemahaman agar user dapat mengetahui kemampuan user dalam memahami materi Ruang Vektor. Setelah kebutuhan sistem, tahap berikutnya adalah mendesain sistem tersebut kemudian mengimplementasikannya ke dalam perangkat multimedia. Proses uji coba dan evaluasi dilakukan setelah program selesai dibuat. Uji coba dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap verifikasi dan tahap validasi. Pada tahap verifikasi dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh fasilitas yang ada dan memastikan bahwa program yang telah dibuat bebas dari kesalahan. Sedangkan dalam tahap validasi dilakukan pemeriksaan program, apakah program yang dibuat sudah mencapai tujuan. Tahap ini dilakukan dengan menunjukkan kepada pengajar kemudian memberikan sedikit tanya jawab seputar fasilitas program untuk mengetahui apakah program ini sudah layak diberikan kepada mahasiswa, sedangkan kepada mahasiswa program diperlihatkan oleh pengajar di kelas yang sedang mempelajari mata kuliah Aljabar Linier, kemudian dilakukan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa tersebut untuk mengetahui pendapat mahasiswa mahasiswa dengan program yang telah dibuat. Dari kuesioner yang telah dibagikan di kelas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa perangkat lunak CAL Ruang Vektor pada mata kuliah Aljabar Linier dapat menyajikan materi dengan pembahasan per sub materi dengan jelas. Dan mahasiswa dapat memahami materi tersebut dengan baik. Sedangkan saran untuk pengembangan perangkat lunak yaitu membuat perangkat lunak CAL Ruang Vektor ke dalam aplikasi berbasis web supaya pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 04 Mar 2014 02:42
Last Modified: 04 Mar 2014 02:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8214

Actions (login required)

View Item View Item