Aplikasi Activity Based Costing Dalam Menentukan Profitabilitas Pelanggan Untuk Pengambilan Keputusan Strategis PT X Di Surabaya

Musalim, Sherna (2004) Aplikasi Activity Based Costing Dalam Menentukan Profitabilitas Pelanggan Untuk Pengambilan Keputusan Strategis PT X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153036

Abstract

Dewasa ini persaingan di dunia usaha semakin ketat dan fenomena ini terjadi hampir pada seluruh sektor industri. Kernyataan ini mengakibatkan pelaku industri harus memperbarui atau setidaknya memperbaiki strategi bersaing mereka. Menjamurnya pelaku bisnis dan konsumen yang semakin selektif dan cerdas, menjadikan faktor kepuasan konsumen sebagai faktor yang wajib mendapatkan perhatian lebih dari pebisnis, bila pebisnis kurang tanggap menangkap keinginan konsumen bisa berakibat konsumen beralih ke pesaing dan tentu saja tidak ada satupun pebisnis yang menginginkan hal ini terjadi. Untuk menghindari keadaaan diatas diperlukan pelayanan yang baik guna membangun atau mempertahankan citra badan usaha, namun usaha yang terarah kesana membutuhkan lebih banyak aktivitas yang pada akhirnya membebani badan usaha dengan tambahan biaya, walaupun pada kenyataannya menambah biaya pelayanan tidak menjadi masalah karena mungkin keuntungan total yang dicatat masih memadai untuk penambahan biaya, namun tidak semua pelanggan memiliki kondisi yang sama dalam artian seluruhnya menyumbangkan kontribusi laba positif sehingga tidak semua pelanggan juga berhak menerima kenyamanan pelayanan yang sama. Analisis profitabilitas pelanggan merupakan solusi bagi badan usaha untuk keluar dari kondisi penyamarataan profitabilitas pelanggan yang ditimbulkan akibat ketidakmampuan sistem manajemen tradisional mengungkapkan kondisi pelanggan sebenarnya secara khusus. Kondisi pelanggan sangat beragam tergantung kebijakan dan strategi yang ditetapkan badan usaha, oleh karena itu untuk menyingkapkan hal ini konsep ABC diperluas menjadi analisis profitabilitas pelanggan. Konsep ABC ada untuk mengalokasikan semua biaya pelanggan secara akurat untuk kemudian informasi ini digabungkan dengan informasi pendapatan masing-masing pelanggan dan hasil akhirnya adalah kontribusi laba pelanggan, dan beberapa informasi lain yang layak menjadi bahan pertimbangan. Dari hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian terhadap badan usaha diperoleh informasi bahwa kelompok pelanggan I berkontribusi sebesar 6,68%, kelompok pelanggan II berkontribusi 6,36%, kelompok pelanggan III menyumbangkan laba sebesar 5,49%, sedangkan kelompok pelanggan IV tidak berkontribusi bahkan menyumbangkan kerugian sebesar -15,80%. Dengan informasi ini diharapkan manajemen dapat lebih mengarahkan kemampuan sumber dayanya yang terbatas untuk melayani pelanggan yang layak menerimanya, terlebih yang utama adalah mengarahkan strategi untuk meningkatkan profitabilitas pelanggan yang tersingkap melalui analisis ini.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Mar 2014 06:54
Last Modified: 19 Mar 2014 06:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item