Studi Perbedaan Store Image Antara Toko Aksesori Mobil Formula 1 dan Toko Aksesori Mobil Toms di Surabaya

Soetanto, Felix (2005) Studi Perbedaan Store Image Antara Toko Aksesori Mobil Formula 1 dan Toko Aksesori Mobil Toms di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/144042

Abstract

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998 telah menyebabkan perekonomian di Indonesia mengalami penurunan yang drastis. Seiring dengan berjalannya waktu, maka perekonomian Indonesia berangsur-angsur mulai membaik dan menunjukkan perkembangan yang menggembirakan di berbagai sektor. Salah satu sektor yang Juga ikut mengalami perkembangan adalah sektor otomotif Meskipun pada tahun 1998 dunia otomotif mengalami penurunan penjualan yang drastis namun pada tahun-tahun berikutnya dunia otomotif mengalami peningkatan. Melihat adanya perkembangan yang menggembirakan ini, dunia bisnis juga cepat tanggap dengan mengadakan berbagai macam Iomba dan kontes untuk modiflkasi kendaraan bermotor, dalam hal ini terutama mobil. Even yang diadakan secara tiap tahun di beberapa kota besar di Indonesia ini mengundang banyak perhatian dari para penggemar modifikasi untuk semakin meningkatkan kreatifitas dan pengetahuan tentang kendaraan bermotor dan juga mengundang minat dari masyarakat awam. Hal ini merupakan suatu bisnis yang memi1iki prospek yang menjanjikan sehingga pada saat ini semakin banyak tempat yang menyediakan dan menjual produk-produk aksesoris untuk kendaraan bermotor. Bisnis variasi mobil merupakan salah satu dari bidang usaha yang mengalami perkembangan yang pesat. Seiring dengan pesatnya perkembangan dan semakin banyaknya tempat yang menyediakan barang dan jasa dalam bidang ini maka persainggannya pun menjadi semakin ketat. Oleh sebab itu maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana toko-toko itu dapat survive dalam menghadapi para pesaingnya. Dalam hal ini adalah persaingan antara toko eceran (store retailer) dengan mencari perbedaan antara store image yang satu dengan yang lainnya dengan pendekatan retail mix (bauran eceran). Dalam penelitian ini peneliti mencari 2 toko retailer di Surabaya yang dianggap mempunyai persamaan dan menjadi pesaing terdekat. Melalui sigi awal penelitian dengan mencari 40 responden didapat 2 toko yang dianggap menjadi competitor terdekat yaitu toko aksesori mobil Formula 1 dan toko aksesori mobil Toms. Jenis penelitian dengan menggunakan riset konklusif deskriptif yang bersifat komparatif .Variabel yang hendak diteliti dalam pene1itian ini adalah store image, yang di teliti dengan pendekatan retail mix di mana metode pengolahan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan uji validitas dan uji re1iabi1itas serta melakukan uji untuk menguji kebenaran hipotesis yang menduga bahwa store image toko aksesori mobil formula 1 lebih baik daripada store image toko aksesori mobil Toms. Data-data yang

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 25 Mar 2014 03:16
Last Modified: 25 Mar 2014 03:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8781

Actions (login required)

View Item View Item