Analisis Layanan Sebagai Bagian Dari Key Success Factor Untuk Mendukung Penerapan Strategi Fokus Dalam Menghadapi Persaingan Pada Badan Usaha Jasa Angkutan PT. X

Sidik, Ronald Arisanto (2004) Analisis Layanan Sebagai Bagian Dari Key Success Factor Untuk Mendukung Penerapan Strategi Fokus Dalam Menghadapi Persaingan Pada Badan Usaha Jasa Angkutan PT. X. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153028

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan industri yang terjadi, menyebabkan industri jasa angkutan juga berkembang. Dengan berkembangnya industri jasa pengangkutan ini mengakibatkan munculnya banyak badan usaha jasa pengangkutan sehingga hal tersebut menimbulkan persaingan yang ketat diantara badan usaha jasa pengangkutan yang ada untuk memperebutkan order dari konsumen. Agar dapat bertahan dalam persaingan yang terjadi maka perlu bagi badan usaha pengangkutan untuk memiliki keunggulan dibandingkan badan usaha lainnya sehingga dengan keunggulan inilah yang menyebabkan konsumen untuk memilih menggunakan jasa pengangkutan dari badan usaha tersebut. Selain itu untuk menghadapi persaingan yang ketat maka juga diperlukan strategi yang tepat bagi badan usaha sehingga ia memiliki positioning dalam pasar. Penelitian ini dilakukan pada PT "X" yang merupakan badan usaha jasa pengangkutan yang mengutamakan kualitas layanan pada pelanggan untuk mendukung strategi bersaing PT "X" yaitu strategi fokus untuk mengefektifkan dan mengefisienkan kegiatan operasionalnya sehingga diharapkan dengan kedua hal tersebut dapat memberikan keunggulan bagi PT "X" dibandingkan badan usaha pesaing. Dari informasi dan data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa keinginan dan harapan konsumen mengenai kualitas layanan yang baik belum dapat dipenuhi secara maksimal oleh PT "X" terutama dalam hal ketepatan waktu pengiriman dan pemenuhan jumlah order yang diterima dari konsumen. Selain itu strategi bersaing fokus yang diterapkan oleh PT "X" untuk mengefisienkan dan mengefektifkan kegiatan operasional juga belum dapat berjalan dengan optimal. Dengan penelitian dan analisis yang dilakukan pada skripsi ini diharapkan dapat memberikan masukan dan acuan bagi PT "X" dalam melakukan tindakan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya sesuai dengan harapan dan keinginan dari konsumen sehingga PT "X" benar-benar memiliki keunggulan bersaing yang tepat untuk menghadapi persaingan pada waktu mendatang.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 25 Mar 2014 03:28
Last Modified: 25 Mar 2014 03:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item View Item