Penerapan Sistem Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Motivasi dan Loyalitas Karyawan Departemen Front Office Hotel Novotel Surabaya di Surabaya

Marannu, Lanny (2004) Penerapan Sistem Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Motivasi dan Loyalitas Karyawan Departemen Front Office Hotel Novotel Surabaya di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152951

Abstract

Bisnis perhotelan kini berkembang dengan pesat. Dalam kegiatan operasionalnya, hotel membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sumber daya manusia penting dalam keberbasilan hotel tersebut. Motivasi dan loyalitas karyawan pun menjadi penting. Peristiwa yang terjadi belakangan ini seperti pemilihan umum dan pemilihan presiden membuat para pengelola hotel menjadi khawatir. Para pengelola hotel memperkirakan tingkat kunjungan wisatawan dan tamu bisnis akan mengalami penurunan karena faktor keamanan. Hal ini mempengaruhi motivasi dan loyalitas karyawan. Pengendalian diperlukan untuk mencegah kemungkinan karyawan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan perusahaan atau gagal melakukan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan. Tujuan utama sistem pengendalian manajemen haruslah untuk memastikan adanya goal congruence (keharmonisan kepentingan perusahaan dengan kepentingan karyawan). Salah satu pengendalian yang digunakan untuk mengatasi masalah penyimpangan dan motivasi tersebut adalah result control. Sistem yang digunakan pada result control yaitu pemberian reward untuk individu maupun kelompok atas kinerja yang baik ataupun pemberian punishment atas kinerja yang buruk. Reward yang umum digunakan sebagai alat motivasi adalah bonus, kenaikan gaji, rekreasi, hadiah libur, penggunaan mobil perusahaan, piagam, pujian, dan kenaikan pangkat. Punishment yang umum digunakan adalah teguran, surat peringatan, masa percobaan, skors, surat panggilan menghadap, pemotongan gaji, pengurangan wewenang, mutasi ke tempat yang tidak diinginkan, penurunan pangkat, dan penghentian hubungan kerja. Kombinasi antara reward dan punishment merupakan cara yang efektif untuk pengendalian kinerja karyawan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 26 Mar 2014 00:35
Last Modified: 26 Mar 2014 00:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8836

Actions (login required)

View Item View Item