Aplikasi Multimedia Interaktif: Jarimagic, Untuk Membantu Anak Belajar Berhitung

Limanto, Susana (2018) Aplikasi Multimedia Interaktif: Jarimagic, Untuk Membantu Anak Belajar Berhitung. Teknika, 7 (2). pp. 102-107. ISSN 2549-8037, EISSN 2549-8045

[thumbnail of Aplikasi Multimedia Untuk Media Pembelajaran Teknika 7(2).pdf]
Preview
PDF
Aplikasi Multimedia Untuk Media Pembelajaran Teknika 7(2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu materi dari mata kuliah Matematika adalah menggambar grafik fungsi melalui operasi pergeseran, penskalaan, dan pencerminan. Materi ini disampaikan dalam waktu kurang lebih 100 menit tatap muka. Berdasarkan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) soal menggambar grafik fungsi dari 10 kelas paralel mata kuliah Matematika semester Gasal 2016 – 2017 diketahui bahwa sekitar 79.6% mahasiswa mendapat nilai di bawah 55 (batas nilai C). Beberapa penyebab tingginya persentase mahasiswa yang mendapat nilai di bawah C adalah keterbatasan waktu penyampaian materi sehingga materi disampaikan secara satu arah, yaitu dari dosen ke mahasiswa dan kebanyakan mahasiswa kurang berlatih di luar jam kuliah karena setelah berlatih tidak tahu apakah yang dikerjakannya benar atau belum. Untuk mengatasi permasalahan yang ada dikembangkan sebuah aplikasi multimedia pembelajaran yang dilengkapi dengan simulasi proses menggambar grafik fungsi melalui operasi pergeseran, penskalaan, dan pencerminan secara langkah demi langkah. Metode yang digunakan dalam penelitian terapan ini adalah prototyping yang yang terdiri dari komunikasi dengan pengguna untuk mengetahui kebutuhan pengguna, membuat prototipe,mengevaluasi prototipe berdasarkan umpan balik dari pengguna, menyempurnakan prototipe, pembuatan aplikasi, dan ujicoba aplikasi. Ujicoba aplikasi dilakukan kepada 10 orang mahasiswa peserta mata kuliah Matematika di mana materi menggambar grafik fungsi ini disampaikan dengan cara meminta para responden mencoba aplikasi secara mandiri kemudian mengisi kuisioner umpan balik. Hasil ujicoba aplikasi menunjukkan bahwa minimal 70% responden setuju bahwa aplikasi membantu untuk lebih memahami materi dan berlatih secara mandiri. Fasilitas simulasi menggambar grafik fungsi yang disajikan langkah demi langkah membantu mengkoreksi pekerjaan responden sehingga menambah kepercayaan diri responden dalam mengerjakan soal-soal selanjutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Grafik Fungsi, Multimedia Pembelajaran, Pencerminan, Penskalaan, Pergeseran.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information Technology
Depositing User: Adpesdam Ubaya
Date Deposited: 03 Feb 2012 09:16
Last Modified: 24 Mar 2021 16:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item