Penetapan Kadar, Pencirian Dan Uji Daya Insektisida Dengan Bioindikator Kutu Beras (Calandra Oryzae) Dari Minyak Atsiri Rimpang Kering Lengkuas (Languas gulanga (L.) Stunz)

Marlina, Lenny (1999) Penetapan Kadar, Pencirian Dan Uji Daya Insektisida Dengan Bioindikator Kutu Beras (Calandra Oryzae) Dari Minyak Atsiri Rimpang Kering Lengkuas (Languas gulanga (L.) Stunz). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_804_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_804_Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151109

Abstract

Berbagai penelitian tentang logam berat sedang banyak dilakukan akhir-akhir ini. Salah satu diantaranya adalah logam Pb. Logam Pb merupakan logam berat yang banyak mencemari lingkungan. Keberadaannya diperkirakan berasal dari pembuangan limbah-limbah industri. Pada kadar yang lebih besar dari 0,72 mg/L logam Pb dapat menyebabkan keracunan dalam darah.•Pada penelitian-penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa logam Pb terdapat dalam darah sopir bemo, darah pekerja di terminal, dan dalam tanaman kangkung. Pada pengamatan kandungan logam Pb ini banyak disertai dengan logam-logam lain diantaranya terdapat logam Fe, Mg, Cr. Logam-logam ini dapat mengganggu pengamatan kadar logam Ph karena logam Fe, Mg dan Cr teremisi pada panjang gelombang yang sangat berdekatan dengan panjang gelombang Pb. ICPS merupakan salah satu instrumen yang menjadi faktor penunjang akhir yang digunakan untuk mengukur kadar logam-logam berat. Untuk itu merupakan suatu usaha yang penting untuk memastikan sensitivitas dan selektivitas alat dalam mendeteksi kadar unsur yang ditentukan. Pada penelitian ini ingin diketahui pengaruh interferensi logam-logam Fe, Mg, Cr terhadap kadar logam Pb pada berbagai konsentrasi dengan menggunakan instrumen ICPS pada panjang gelombang 283,306 nm. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pada panjang gelombang 283,306 nm, logam Pb diinterferensi oleh logam Fe, Mg dan Cr pada berbagai konsentrasi. Dan secara statistik, kombinasi antara logam Fe, Mg dan Cr memberikan pengaruh interferensi yang berbeda jika dibandingkan dengan pengaruh interferensi yang ditimbulkan oleh masing-masing logam terhadap logam Pb.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 08 Apr 2014 11:32
Last Modified: 08 Apr 2014 11:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item View Item