Studi Eksploratori : Motif Anggota Komunitas Street Dance dalam Membeli dan Menggunakan Sepatu Olahraga Merek Niko Seri 6.0 di Surabaya

EMIKA, MARISA (2012) Studi Eksploratori : Motif Anggota Komunitas Street Dance dalam Membeli dan Menggunakan Sepatu Olahraga Merek Niko Seri 6.0 di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5172_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5172_Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/228971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam motif anggota komunitas street dancer dalam membeli dan menggunakan sepatu olahraga merek Nike seri 6.0 di Surabaya. Motif adalah tenaga pendorong pada seseorang untuk melakukan tindakan yang diarahkan pada tujuan mencapai sasaran kepuasan akan pemenuhan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan 4 kutub ganda teori Mc Guire (Four Two-Polar Motives Tendencies), untuk kemudian dipetakan kedalam 16 motif permodelan Mc Guire, sehingga dapat diketahui motif dominan yang mendorong anggota komunitas street dancer membeli dan menggunakan sepatu olahraga merek Nike seri 6.0. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi eksploratori. Data yang didapat dari penelitian ini menggunakan depth interview kepada 8 orang informan, dimana pengambilan informan dilakukan menggunakan metode judgemental sampling. Judgement ditetapkan berdasarkan jangka waktu informan mengikuti kegiatan komunitas street dance dengan minimal 1 tahun, berapa banyak jumlah sepatu olahraga merek Nike seri 6.0 yang dimiliki informan, dan informan sering menggunakan sepatu olahraga Nike seri 6.0 dalam kegiatan street dance. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang paling mendominasi anggota komunitas street dancer dalam membeli dan menggunakan sepatu olahraga merek Nike seri 6.0 adalah motif modelling, yaitu motif dimana informan melakukan tindakan yang sama dengan apa yang dilakukan orang lain. Kemudian motif lain yang muncul dari hasil analisis adalah objectification dan exploration.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: motive, consumer motive
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 11 Apr 2014 04:47
Last Modified: 11 Apr 2014 04:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item