Hubungan Antara Persepsi User Terhadap Integritas Dengan Trust Pada Karyawan Outsourcing

SUSANTO, ADRIAN (2013) Hubungan Antara Persepsi User Terhadap Integritas Dengan Trust Pada Karyawan Outsourcing. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1037_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1037_Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234500

Abstract

Peran sumber daya manusia merupakan aset penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan. Rasa percaya (trust) antar sumber daya manusia menjadi faktor yang penting bagi perkembangan suatu perusahaan. Maraknya penggunaan karyawan outsourcing membuat trust menjadi hal yang semakin penting, karena suatu perusahaan akan menggunakan jasa karyawan outsourcing ketika perusahaan tersebut memiliki trust pada perusahaan penyedia jasa karyawan outsourcing yang digunakannya. Berdasarkan fenomena yang ditemukan, banyak user yang mengajukan komplain pada perusahaan penyedia jasa karyawan outsourcing terkait integritas kerja karyawan outsourcing. Namun meski banyak komplain yang diberikan, user tetap menggunakan jasa karyawan outsourcing ini. Dari fenomena tersebut, maka penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi user terhadap integritas karyawan outsourcing dengan trust pada penggunaan jasa karyawan outsourcing. Subjek penelitian ini adalah staf dalam perusahaan yang menggunakan jasa cleaning service outsourcing (N=100) yang dapat secara langsung berinteraksi maupun mengamati hasil kerja dan perilaku karyawan cleaning service outsourcing yang bekerja di perusahaan tempat subjek penelitian bekerja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hipotesis penelitian diuji dengan Spearman’s rank order correlation. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi user terhadap integritas karyawan outsourcing dengan trust pada penggunaan jasa karyawan outsourcing (r = 0,674; p = 0,000 di mana p < 0,05). Persepsi user terhadap integritas karyawan outsourcing berpengaruh sebesar 45,43% terhadap trust. Dari penelitian ini disarankan kepada perusahaan penyedia jasa outsourcing untuk lebih meningkatkan integritas karyawannya, terutama pada aspek keengganan untuk merasionalisasi perilaku berprinsip.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: trust, integritas, persepsi, karyawan outsourcing
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 22 May 2014 02:50
Last Modified: 22 May 2014 02:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14988

Actions (login required)

View Item View Item