Studi Tentang Perubahan Sikap KOnsumen Sabun Detergen Rinso Yang Beralih Menggunakan Sabun Detergen So Klin Di Surabaya

Artanti, Dewi (1994) Studi Tentang Perubahan Sikap KOnsumen Sabun Detergen Rinso Yang Beralih Menggunakan Sabun Detergen So Klin Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_1780_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_1780_Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/146185

Abstract

Dengan semakin banyaknya jenis sabun cuci yang beredar di pasar, yaitu dengan jenis sabun cuci yang berbentuk batang, cair dan khususnya untuk jenis sabun deterjen membuat konsumen mempunyai banyak pilihan, hal ini menyebabkan konsumen dapat membanding-bandingkan antara produk sabun deterjen merek yang satu dengan lainnya dan untuk menentukan sabun deterjen yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanya. Sabun deterjen Rinso yang sudah menguasai pasar sabun deterjen selama bertahun-tahun harus menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan sabun deterjen So Klin, yang dengan promosi yang sangat gencar dapat menggeser pangsa pasar sabun deterjen Rinse. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan konsumen Rinso beralih melakukan pembelian sabun deterjen So Klin dan untuk mengetahui adanya perubahan sikap dalam pembelian sabun deterjen tersebut. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dari data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden, Instrumen pengukuran data dengan menggunakan Semantic Diffrential Scale karena jenis data yang digunakan adalah dengan skala Interval yang kemudian dari jawaban yang diperoleh diolah secara statistik deskriptif dengan menggunakan rata-rata dan standart deviasi. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan tipe Quota Sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan antara bulan September dan Oktober di wilayah Surabaya, sedangkan target populasinya adalah ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan sudah pernah menggunakan sabun deterjen Rinso dan sekarang menggunakan sabun deterjen So Klin. Obyek penelitian dari penulisan skripsi ini adalah sabun deterjen Rinso dan So Klin, karena kedua merek sabun deterjen ini sudah dikenal oleh masyarakat dan responden tahu tentang keberadaan kedua sabun deterjen ini. Untuk menguji kebenaran hipotesis yang diajukan, yaitu Diduga ada perubahan sikap yang mempengaruhi konsumen sabun deterjen Rinso sehingga beralih menggunakan sabun deterjen So Klin, digunakan uji Z perbedaan 2 rata-rata karena sampel yang digunakan lebih dari 30 dengan a = 5 %. Adapun variabel yang akan diteliti karena hanya ada satu peubah maka termasuk dalam kategori Univariate yaitu akan meneliti Sikap konsumen terhadap sabun deterjen Rinso dan So Klin. Pengukuran sikap tersebut akan diukur melalui 3 sub Variabel dari Sikap yaitu 1. Aspek Kognitif Untuk mengetahui pengetahuan dan persepsi dari respon-den terhadap sabun deterjen Rinso dan So Klin. 2. Aspek Afektif Untuk mengetahui perasaan dan emosional dari respoden ter hadap sabun deterjen RinSo dan So Klin. 3. Aspek Konatif Untuk mengetahui apakah ada keinginan untuk melakukan pembelian secara nyata terhadap sabun deterjen So Klin. Setelah diadakan penelitian maka didapathasil sebagai berikut: 1. Aspek Kognitif Dari hasil penilaian responden diketahui bahwa rnenurut p9ngetahuan dan persepsi konsumen, sabun deterjen merek Rinso memang lebih baik daripada sabun deterjen merek So Klin. 2. Aspek Afektif Menurut perasaan dan emosional responden, konsumen lebih menyukai untuk memakai sabun deterjen So Klin daripada Rinso. 3. Aspek Konatif Penilaian responden menunjukkan bahwa responden melakukan pembelian terhadap sabun deterjen merek So Klin. Karena adnya proses belajar, adanya pencarian, evaluasi dan perbandingan dari pemakai sabun deterjen Rinso yang meraEakan ketidak puasan dan produk tersebut tidak mernenuhi kebut.uhannya maka nengakibatkan konsumen mencari merek lain yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perubahan sikaf yang mempengaruhi konsumen sabun deterjen Rinso sehingga beralih menggunakan sabun deterjen So Klin.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Jun 2014 06:56
Last Modified: 14 Jul 2014 03:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

View Item View Item