Peranan Analisis Biaya Diferensial untuk Menerima atau Menolak Pesanan di CV. Dhyan Dhany Plastic

Sugiarto, Dedey (2010) Peranan Analisis Biaya Diferensial untuk Menerima atau Menolak Pesanan di CV. Dhyan Dhany Plastic. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2757_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2757_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132996

Abstract

Pengambilan keputusan adalah suatu hal yang sangat berperan penting dalam menentukan kelangsungkan hidup suatu organisasi baik itu dalam jangka waktu pendek atau pun jangka panjang suatu organisasi. Untuk itu didalam suatu pengambilan keputusan maka diperlukan suatu data yang relevan dalam pengambilan keputusan agar keputusan yang diambil tidak menyesatkan. Pengambilan keputusan merupakan suatu pemilihan dari berbagi alternative yang ada. Dalam pengambilan keputusan diperlukan langkah-langkah yang strategic agar keputusan yang diambil sesuai dengan tujuan organisasi, yaitu mempertimbangkan berbagai factor-faktor yang berkaitan dengan pengambilan keputusan. hal ini menjadi sangat penting mengingat banyak keputusan buruk yang diambil berasal dari pengambil keputusan yang meremehkan persoalan atau menetapkan permasalahan yang salah. Factor-faktor kuantitaif dan kualitatif juga perlu diperhatikan. Salah satu factor kuantitaif yang menjadi pertimbangan untuk suatu keputusan adalah factor biaya. Dalam mempertimbangkan factor biaya manajemen biasanya menggunakan suatu analisis biaya, yaitu analisis biaya diferensial. Biaya diferensial adalah suatu biaya yang terjadi akibat dari adanya suatu tindakan atau keputusan yang diambil dari berbagai alternative yang ada, dan dari alternative yang satu dengan alternative yang lainnya akan membentuk biaya yang berbeda pula. Selain itu keputusan yang diambil juga harus didasarkan pada cost dan benefit yang terjadi di dalam suatu organisasi. Biasa manajemen melakukan analisis cost dan benefit yang berangkat dari pemikiran bahwa cost yang dikeluarkan dalam hal ini akan sebanding dengan benefit yang nantinya didapatkan. Dalam suatu pesanan khusus harga yang diberikan kepada konsumen adalah harga yang khusus pula dimana oranisasi tidak biasanya menjual suatu produk dengan harga yang tidak normal. Untuk itu diperlukan suatu pertimbangan atau teknik yang digunakan untuk menentukan pesanan tersebut dapat menguntungkan bagi perusahaan atau tidak dengan menerima atau menolak pesanan. Untuk mempertimbangkan keputusan menerima atau menolak pesanan biasanya manajemen menentukan langkah-langkah pengambilan keputusan, memperhatikan biaya diferensial yang terjadi dari berbagai alternative yang ada, mempertimbangkan factor kuantitatif dan kualitatif yang berkaitan, dan menganalisa cost dan benefit yang terjadi di dalam suatu pengambilan keputusan. Kata kunci : Pengambilan keputusan, analisis cost benefit, menerima atau menolak pesanan khusus.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Biaya Diferensial
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 23 Jun 2014 07:15
Last Modified: 23 Jun 2014 07:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item View Item