Pengaruh Tipe Dan Bentuk Huruf Terhadap Kecepatan Membaca

Susanto, Shirley (2002) Pengaruh Tipe Dan Bentuk Huruf Terhadap Kecepatan Membaca. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of K_219_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
K_219_Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148292

Abstract

Penggunaan berbagai macam desain huruf dengan banyak ornamen yang artistik pada media papan iklan di Indonesia sebenarnya tidak tepat karena sulit dibaca, padahal sasaran penerima pesannya adalah pengguna lalu lintas yang hanya memiliki sedikit waktu untuk memperhatikannya. Penelitian ini bertujuan menguji apakah ada pengaruh tipe dan bentuk huruf terhadap kecepatan membaca. Dipilih desain huruf yang sudah populer: Times New Roman mewakili bentuk huruf Roman dan Arial mewakili bentuk huruf Sans Serif, dengan variasi tipenya: uppercase dan lowercase. Jadi dalam penelitian ini ada 4 kelompok eksperimen yaitu uppercase roman, uppercase sans serif, lowercase roman dan lowercase sans serif Desain yang dipilih adalah repeated measure design dengan jumlah sampel 96 subjek. Hasil analisa statistik dengan mengunakan program SPSS 10.0, General Linear Model-repeated measure design, dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kecepatan membaca ditinjau dari pengunaan tipe huruf (uppercase dan lowercase) maupun berkenaan dengan bentuk huruf Roman ( dengan desain Times New Roman) dan Sans Serif (dengan desain Arial). Tetapi selain itu peneliti juga menemukan bahwa adanya perbedaan kecepatan membaca pada tipe huruf uppercase sans serif yang diwakili oleh Aria! berkaitan dengan kebiasaan membaca buku-buku komik dengan huruf uppercase sans serif.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 23 Jun 2014 10:42
Last Modified: 23 Jun 2014 10:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

View Item View Item