Analisis Ekuitas Merek & Ekuitas Pelanggan Pada Consumer Goods

Meitha, Rosita and Pawitra, Theresia and ., Sofianti and ., Situarny (2003) Analisis Ekuitas Merek & Ekuitas Pelanggan Pada Consumer Goods. In: Proceedings 2nd National Industrial Engineering Conference. Industrial Engineering in a competitive and borderless world : Success through Business system integration, 9-11 Oktober 2003, University of Surabaya.

[thumbnail of Meitha_Analisis_Abstrak_2003.pdf]
Preview
PDF
Meitha_Analisis_Abstrak_2003.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of Meitha_Analisis_2003.pdf] PDF
Meitha_Analisis_2003.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Meitha_Analisis_References_2003.pdf]
Preview
PDF
Meitha_Analisis_References_2003.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Agar dapat tetap bertahan dalam persaingan yang sangat ketat, perusahaan harus memiliki merek yang kuat (ekuitas merek yang tinggi) dan pelanggan yang loyal (ekuitas pelanggan yang tinggi).Ekuitas merek terdiri dari loyalitas merek, kesadaran merek, kesan kualitas dan asosiasi merek (Aaker, 1997). Ekuitas pelanggan meliputi customer retention, customer acquisition dan add on sales. Hal ini berarti aktivitas pemasaran lebih memberikan fokus pada relationship dari pada sekedar transaksi. Makalah ini bertujuan untuk mengukur ekuitas merek dan ekuitas pelanggan untuk consumer goods, dengan dua buah studi kasus. yaitu kelompok produk sabun cair dan minyak goreng. Pada tiap kelompok produk, akan dianalisis dua buah merek Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi penyebaran dan pengolahan kuesioner, perancangan scorecard yang selanjutnya digunakan untuk mengukur nilai ekuitas merek dun ekuitas pelanggan. Dari hasil analisis, diketahui bahwa merek yang memiliki nilai ekuitas merek yang tinggi biasanya ditunjang oleh ekuitas pelanggan yang tinggi pula. Hasil pengukuran ekuitas merek dan ekuitas pelanggan dapat digunakan sebagai dasar untuk penyusunan strategi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: brand equity, customer equity
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 15 Mar 2012 08:59
Last Modified: 30 Mar 2012 04:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item