Pembuatan Wafer Enzim Glukosa Oksidase Terimobilisasi Pada Bentonit Alam Termodifikasi dan Pemanfaatannya Sebagai Biokatalis dalam Bioreaktor

Widi, Restu Kartiko and Budhyantoro, Arief and Chrisnasari, Ruth (2012) Pembuatan Wafer Enzim Glukosa Oksidase Terimobilisasi Pada Bentonit Alam Termodifikasi dan Pemanfaatannya Sebagai Biokatalis dalam Bioreaktor. Project Report. Universitas Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of Pembuatan wafer enzim_project report_2012.pdf]
Preview
PDF
Pembuatan wafer enzim_project report_2012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan enzim Glukosa Oksidase (GOD) terus berkembang baik dalam bidang industri maupun dalam bidang medis. Glukosa oksidase digunakan secara luas untuk determinasi keberadaan glukosa bebas dalam darah (reagen pendiagnosa penyakit), biosensor, sebagai zat aditif pada industri makanan, produksi asam glukonat, sebagai bahan tambahan dalam pasta gigi dan pembuatan roti. Secara teknis sangat sulit untuk memisahkan enzim dan produk dan mendapatkan kembali enzim yang aktif diakhir reaksi, sehingga dilakukan imobilisasi enzim. Salah satu bahan alam yang dapat digunakan untuk imobilisasi adalah bentonit. Bentonit memiliki karakteristik yang sesuai dengan material imobilisator dan terdapat melimpah di Indonesia. Untuk meningkatkan kemampuan bentonit dalam mengimobilisasi enzim, dilakukan modifikasi bentonit berupa pengasaman dan interkalasi menggunakan surfaktan berupa TetraMetil Amonium Hidroksida (TMAOH). Modifikasi dengan asam akan menyebabkan struktur bentonit menjadi lebih aktif karena pengotor pada kisi-kisi bentonit akan lepas dalam larutan asam dan bentonit akan terlapisi oleh lapisan H+ yang dapat digunakan dalam mengimobilisasi enzim.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: imobilisasi, glukosa oksidase, bentonit, aktifitas enzim
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Depositing User: Restu Kartiko Widi 6178
Date Deposited: 14 Nov 2014 07:54
Last Modified: 29 Mar 2018 07:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item