Gejali, Hendrick (2011) Rancangan Tata Letak Produk dan Ruang Tunggu di Apotek Surya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_4937_Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Suatu badan usaha dapat memperoleh keberhasilan apabila memperhatikan tata letak. Tata letak dapat berkaitan dengan penempatan atau penataan fasilitas-fasilitas yang dimiliki badan usaha dan juga tata letak produk milik badan usaha. Tidak tepatnya penyusunan tata letak dalam suatu badan usaha dapat menimbulkan masalah dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, seperti penempatan barang dagangan yang tidak teratur, tidak adanya klasifikasi atau spesifikasi khusus untuk penempatan tiap barang, dan kesulitan karyawan dalam menemukan barang yang dipesan oleh pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa tata letak tidak hanya dapat digunakan pada badan usaha tingkat menengah ke atas saja tetapi juga dapat diterapkan pada semua tingkatan badan usaha. Tata letak di dalam badan usaha mencakup penempatan produk, penyusunan lemari, dan bagaimana memanfaatkan luas lantai yang ada dengan semaksimal mungkin untuk menunjang penyusunan tata letak produk. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan prinsip-prinsip mengenai tata letak, antara lain kepopuleran, kemiripan, ukuran, karakteristik, dan utilisasi luas lantai. Dengan menggunakan prinsip-prinsip tersebut maka dapat diketahui klasifikasi atau spesifikasi mengenai produk yang dimiliki badan usaha. Setelah mengetahui klasifikasinya maka dapat disusun sebuah tata letak baru untuk produk milik badan usaha. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah lingkungan kerja karyawan karena pada akhirnya karyawan yang akan berhubungan langsung dengan produk-produk badan usaha. Hal yang perlu diperhatikan antara lain sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, dan temperatur/kelembaban. Perancangan tata letak ini kemudian disempurnakan dengan penerapan metode 5S yang berguna untuk menghilangkan pemborosan baik dalam penggunaan space kosong di suatu tempat. Hasil dari perancangan ini suatu rancangan tata letak yang mengoptimalkan space yang terdapat dalam badan usaha serta penyusunan tata letak produk yang memperhatikan klasifikasi dan spesifikasi yang dimiliki suatu produk.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata Letak Produk, Ruang Tunggu |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 01 Dec 2014 02:14 |
Last Modified: | 01 Dec 2014 02:14 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21599 |
Actions (login required)
View Item |