Pengaruh Pelatihan Psikogi Pemasaran Terhadap Orientasi Pelanggan Tenaga Pemasaran

Dahliani, Manda Wulan (2004) Pengaruh Pelatihan Psikogi Pemasaran Terhadap Orientasi Pelanggan Tenaga Pemasaran. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_615_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_615_Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148728

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh pelatihan psikologi pemasaran terbadap orientasi pelanggan pada tenaga pemasaran PT Nawata Kurnia Putra, Surabaya Orientasi pelanggan merupakan penjualan yang berorientasi pada pelanggan sebagai perwujudan konsep pemasaran di dalam interaksi antar individu penjual dan pelanggannya Model penjualan ini berorieotasi untuk mempertahankan kepuasan pelanggan jangka panjang . Salah satu cara meningkatkan kemampuan tenaga pemasaran yang berorientasi terbadap pelanggan adalah dengan mengadakan pelatihan psikologi pemasaran yang diharapkan mampu mengungkap aspek psikologis. Pelatihan psikologi pemasaran adalah suatu metode pelatihan untuk meningkatkan orientasi seseorang (dalam hal ini tenaga pemasaran) terutama pada pelanggannya. Populasi dalam penelitihan ini adalah tenaga pemasaran yang bekerja di PT Nawata Kurnia Putra sebanyak 14 orang. Sampel yang diambil adalah tenaga pemasaran berjenis kelamin laki-laki yang telah bekerja minimal 2 tahun beusia antara 25-35 tahun dengan tingkaat pendidikan akhir minimal SMU sederajat. Oleh karena itu teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Pada penelitian ini sampel yang menjadi subyek penelitian terbagi menjadi 3 orang kelompok eksperimen dan 3 orang kelompok kontrol yang sebelumnya. telah dilakukan test inteligensi dan daya berpikir . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan atau desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest, dimana sebelum pelatihan dilakukan uji pretest dan setelah pelatihan dilakukan posttest orientasi pelanggan dari SOCO Scale baik pada kelompok kontrol maupun kelompok eksporimeo. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: wawancata. angket test CFFT (IQ) dan test MBTI (gaya berpikir )serta observasi. Analisa data menggunakan uji analisis nonparametrik Kolmogorof-Smimov yang dibantu dengan SPSS versi ll.O. Hasil uji hipolesa menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pelatihan psikologi pemasaran terhadap orientasi pelanggan. deDgllll p>0.05 atau p=0.109 . Ada pengaruh gaya berpikir dan inteligensi terhadap orientasi pelanggan dengan p<0.05 atau p=o.028. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan bahwa ada pengaruh pelatihan psikologi pemasaran terhadap orientasi pelanggan pada tenaga pemasaran PT.Kurnia Putra ditolak. Oleh karena itu untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti dengan jumlah sampel yang lebih besar serta perlu diteliti karakter kepribadian subyek, sedangkan untuk perusahan hendaknya mengadakan pelatihan psikologi untuk meningkatkan orientasi terhadap pelanggan juga dalam seleksi karyawan terutama pada bagian pemasaran untuk mempertimbangkan gaya berpikir dan inteligensinya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 20 Jan 2015 08:32
Last Modified: 20 Jan 2015 08:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21962

Actions (login required)

View Item View Item