Desain Pengukuran Kinerja Taman kanak-Kanak

Dwidjaja, Tabita Yustina (2014) Desain Pengukuran Kinerja Taman kanak-Kanak. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_3598_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_3598_Abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/239068

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan suatu hal penting bagi sebuah organisasi. Berbeda dengan organisasi profit, kinerja organisasi nonprofit tidak dapat diukur berdasarkan laba saja, melainkan juga berdasarkan seberapa besar hasil dari pelayanan yang diberikan. Dengan adanya pengukuran kinerja, organisasi dapat dievaluasi dan melihat perkembangan apa saja yang telah dihasilkan oleh organisasi. Penelitian ini menjadikan Sekolah “X” sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah explanatory dan merupakan applied research. Ruang lingkup pembahasan meliputi evaluasi penilaian kinerja yang merupakan salah satu alat pengendalian manajemen dalam mewujudkan visi dan misi Sekolah “X”. Kinerja Sekolah ”X” hanya dinilai dengan menyebar kuisioner kepuasan kepada orang tua siswa, jumlah siswa yang mendaftar setiap tahunnya dan evaluasi kinerja guru. Pengukuran kinerja tersebut tidak dapat menggambarkan kinerja organisasi secara keseluruhan apalagi tidak adanya pengolahan data dari evaluasi tersebut. Hasil penelitian ini berupa perancangan pengukuran kinerja untuk Taman Kanak-Kanak “X”. Peneliti merancang nonfinancial performance measurement menjadi 2 jenis yaitu penilaian kinerja secara umum (pertumbuhan jumlah siswa, jumlah komplai, tingkat kepuasan siswa dan orang tua, turnover guru, employee training rate) dan penilaian kinerja secara khusus (pembentukan karakter spiritual, pembentukan karakter sosial, pembentukan karakter mandiri, perkembangan potensi dan bakat siswa dalam hal seni dan kreativitas, perkembangan potensi dan bakat siswa dalam berbahasa asing, peningkatan prestasi akademik, peningkatan prestasi non akademik). Pengukuran kinerja ini dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dalam memperbaiki kinerja yang masih harus diperbaiki dan menilai apakah visi dan misi sekolah seudah tercapai dengan baik. Desain yang dibuat ini sebagai untuk mengukur kinerja jenjang kindergarten, tetapi juga bisa digunakan juga dijadikan contoh untuk mengukur kinerja pada jenjang preschool dan day care.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sekolah “X”, Pengukuran Kinerja, Nonfinancial Performance Measurement
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 31 Aug 2015 02:40
Last Modified: 31 Aug 2015 02:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25330

Actions (login required)

View Item View Item