Studi Deskriptif Siklus Produksi Produk Musiman Buku Tulis PT. Wetana

Raharjo, P. Christian Adekarsa (2010) Studi Deskriptif Siklus Produksi Produk Musiman Buku Tulis PT. Wetana. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4812_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4812_Abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siklus produksi yang ada dalam pabrik buku tulis. Dengan mengetahui siklus produksi yang tepat, perusahaan dapat menyusun perencanaan dan penjadwalan produksi dengan tepat dalam menghadapi permintaan musiman. Biaya produksi dapat diminimalkan serta terbindar dari kelebiban produksi dan persediaan dengan menjaga kesesuaian antara jumlah persediaan dengan jumlah produksi untuk memenuhi permintaan pasar. Dengan siklus produksi yang tepat, perusahaan mengetahui desain produk yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan sesuai dengan perkembangan jaman. Penyesuaian desain produk dengan kebutuhan pelanggan dapat diketahui perusahaan dengan memiliki informasi pasar dan penggunaan metode peramalan yang tepat. Penelitian menggunakan metode deskriptif murni untuk menggambarkan proses produksi perusahaan dengan tepat dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data penjualan, pembelian bahan baku dan produksi perusahaan. Dengan ketiga data perusahaan tersebut, dapat diperoleb basil persediaan akhir barang jadi tiap bulan, MPS dan A TP yang digunakan untuk menyusun perencanaan dan penjadawalan dengan lebih baik. Penelitian ini melakukan wawancara untuk memperoleb data dan mengetahui kondisi perusahaan secara mendetail. Pengukuran peramalan menggunakan perhitunganforecast e"or biasa karena produk bersifat musiman. Untuk dapat membandingkan basil peramalan tiap periode, penelitian ini menggunakan perbitungan percentage e"or measure. Dan untuk mengetahui arah forecast e"or, penelitian ini menggunakan perhitungan bias atau mean e"or.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Siklus produksi, MPS(Master Production Schedule),produk musiman, ATP(Available-to-promise), Newsboy problem.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 11 Feb 2016 04:40
Last Modified: 11 Feb 2016 04:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26663

Actions (login required)

View Item View Item