Perangkat Lunak Untuk Pembuatan Dan Penyelesaian Permainan Figjig

Widiasri, Monica and Lay, Ronald Edwin (2007) Perangkat Lunak Untuk Pembuatan Dan Penyelesaian Permainan Figjig. In: Proceedings The 8th Seminar on Intelligent Technology and Its Applications. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi lndustri lnstitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Surabaya. ISBN 978-979-95989-9-8

[thumbnail of Perangkat Lunak untuk Pembuatan_Abstrak_2007.pdf]
Preview
PDF
Perangkat Lunak untuk Pembuatan_Abstrak_2007.pdf

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of Perangkat Lunak untuk Pembuatan_2007.pdf] PDF
Perangkat Lunak untuk Pembuatan_2007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of monica sertifikat.pdf]
Preview
PDF
monica sertifikat.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Figjig adalah permainan mirip Teka-teki Silang (TIS), namun bukan huruf yang digunakan, tapi angka. Tujuan permainan figjig adalah pemain mengisi semua kotak kosong pada kotak permainan dengan bilangan-bilangan yang disediakan.Untuk petunjuk awal permainan, terdapat satu bilangan yang disediakan pada kotak permainan. Pemain harus memilih bilangan yang disediakan di seal dan kemudian mengisikannya pada kotak yang masih belum terisi. Perancangan figjig secara manual dibutuhkan waktu yang cukup lama. Demikian pula untuk menyelesaikan permainan figjig, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Untuk mempermudah kedua hal tersebut, dibuatlah perangkat lunak untuk merancang dan pencarian solusi permainan figjig. Algoritma backtracking digunakan dalam pencarian solusi permainan figjig. Algoritma backtracking adalah suatu teknik algoritma berbentuk rekursif untuk menemukan solusi suatu persoalan dengan mencoba satu persatu pilihan dari semua pilihan yang ada. Uji coba dilakukan dengan membuat desain suatu permainan figjig dan menyelesaikan suatu permainan figjig yang sudah terbentuk. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil uji coba adalah proses desain permainan figjig lebih mudah dibuat dan solusi dari permainan figjig dapat ditemukan dengan menggunakan algoritma backtracking

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: figjig, backtracking
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:21
Last Modified: 14 Jun 2016 02:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27919

Actions (login required)

View Item View Item