Rebranding dan Pengembangan Media Digital M-Jayz

LIMANJAYA, ARIANE (2016) Rebranding dan Pengembangan Media Digital M-Jayz. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_240_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MMD_240_Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/243564

Abstract

M-Jayz merupakan sebuah brand yang pada awalnya hanya bergerak di bidang audio, terbentuk atas dasar idealisme pemiliknya, dan tidak memiliki orientasi pasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, brand ini semakin berkembang dan mulai mendapatkan pengakuan dari publik lewat berbagai macam karya dan penghargaan yang diterimanya. M-Jayz mulai mendapatkan klien dan target marketnya semakin berkembang. Menghadapi hal ini, dilakukan rebranding bagi M-Jayz sehingga brand memiliki identitas yang kuat dan konsisten sehingga siap menyambut klien yang mencapai lingkup internasional. Sebelum melakukan rebranding, terlebih dahulu dilakukan penelitian dan studi literatur akan berbagai teori yang sekiranya relevan dan mampu mendukung analisa yang akan dilakukan. Proses rebranding diawali dengan melakukan analisa mendalam pada faktor internal dan eksternal brand dan juga tren di masyarakat saat ini untuk menentukan strategi pemasaran beserta visualisasi identitas yang tepat bagi brand. Hasil analisa adalah berupa kesimpulan akan permasalahan yang dihadapi dan kebutuhan M-Jayz. Setelah didapatkan strategi pemasaran beserta identitas yang sesuai, dibuatlah design brief yang menjadi konsep desain keseluruhan brand. Konsep desain ini diterapkan kedalam brand yang diaplikasikan kedalam media cetak yaitu stationery dan media digital berupa website. Uji coba terhadap aplikasi brand lintas media dilakuan melalui dua tahap yaitu tahap verifikasi dan tahap validasi. Hasil dari kedua uji coba menunjukkan bahwa dengan dimilikinya identitas visual yang sesuai dengan karakter brand akan membantu brand untuk memiliki ketahanan di pasar serta mudah diingat oleh target marketnya. Website juga membantu M-Jayz untuk melakukan komunikasi dengan target marketnya di seluruh dunia tanpa diperlukan kehadirannya secara fisik sekalipun. Lewat website, M-Jayz juga mampu memperkuat persepsi brand-nya secara online sehingga semakin mampu untuk mendatangkan lebih banyak klien yang berasal dari pasar yang tepat.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: brand, desain
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:08
Last Modified: 22 Dec 2016 04:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28716

Actions (login required)

View Item View Item