Pembelajaran Bahasa Ingris Dengan Computer Asisted Language Learning

Sumitomo, Theresa Anita (2006) Pembelajaran Bahasa Ingris Dengan Computer Asisted Language Learning. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_260_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_260_Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151909

Abstract

Di era globalisasi ini, bahasa lnggris sangatlah diperlukan. Namun, berdasarkan beberapa penelitian, kemampuan bahasa lnggris rata-rata orang Indonesia masih rendah. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, didapatkan sejumlah data mengenai pelaksanaan pembelajaran bahasa lnggris di sekolah dasar pada umumya. Dari survei tersebut diketahui bahwa siswa mengharapkan metode pengajaran yang lebih bervariasi. Hal inilah yang menjadi pedoman awal penelitian ini. Melalui penelitian ini, peneliti mencoba memberikan alternatif metode pengajaran bahasa lnggris, dengan mengujicobakan sebuah software pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pengajaran dengan CALL mampu meningkatkan prestasi belajar siswa Subjek penelitian ini berjumlah 100 orang siswa SD kelas IV SDK. St. Carolus Surabaya, yang rata-rata usianya sepuluh tahun, 100 orang siswa tersebut kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu 50 orang kelompok eksperimen dan 50 orang kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan mendapatkan pengajaran melalui komputer sedangkan kelompok kontrol akan mendapatkan pengajaran melalui metode konvensional. Data­ data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menggunakan angket terbuka, wawancara singkat dan tes bahasa lnggris.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: media komputer, prestasi belajar, bahasa lnggris, metode pengajaran.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 06 Jul 2017 09:02
Last Modified: 06 Jul 2017 09:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30212

Actions (login required)

View Item View Item