Rahmadlona, Arvianti (2006) Faktor Penentu Keberhasilan Belajar Dan Strategi Belajar Mahasiswa Cumlaude. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ED_244_Abstrak.pdf Download (59kB) | Preview |
Abstract
Persaingan di dunia kerja yang mempertimbangkan faktor usia dan faktor IPK mahasiswa menuntut mahasiswa untuk memiliki persiapan dan perencanaan yang matang pada saat memasuki perguruan tinggi. Dalam prakteknya masih banyak dijumpai mahasiswa yang tidak mampu lulus dengan IPK yang memuaskan bahkan tidak mampu lulus tepat waktu. Namun ada sejumlah mahasiswa yang berhasil lulus dengan gelar cum laude.Hasil survey awal pada beberapa mahasiswa lulus cum laude dapat diketahui ada faktor-faktor yang mendukung prestasi mereka, salah satunya adalah strategi belajar yang mereka gunakan. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang profil strategi belajar dan faktor-faktor yang menunjang pada mahasiswa lulusan berpredikat cum laude. Penelitian ini dilakukan pada 4 orang mahasiswa cum laude dengan karakteristik adalah mahasiswa lulusan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2000- 2001 yang berhasil menyelesaikan masa studinya tepat empat tahun dengan IPK 3,50 - 3,90. Seluruh informan dalam penelitian ini berjenis kelamin perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap informan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi belajar, mahasiswa cum laude |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 07:57 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 07:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30230 |
Actions (login required)
View Item |