Modul Toilet Training Bagi Orangtua Dengan Anak Autisme

Priyono, Wahyu (2017) Modul Toilet Training Bagi Orangtua Dengan Anak Autisme. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_392_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_392_Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247297

Abstract

Permasalahan toilet trainingpada anak autisme terkait dengan kemampuan komunikasi, penyesuian diri, sensori integrasi dan pencernaan yang mengakibatkan mengalami keterlambatan perkembangan yang tidak sesuai dengan kemampuan anak pada umumya. Kondisi ini tidak diketahui oleh orangtua karena mereka kurang memiliki pengetahuan terhadap berbagai permasalahan toilet training pada anak autisme dengan kategori berat. Adapun penelitian ini bertujuan untuk membantu orangtua mengatasi kurangnya pengetahuan terhadap permasalahan toilet training anak autisme hingga akhirnya orangtua mengetahui keterampilan yang terhambat/belum mandiri. Selain itu penelitian ini juga memberikan pengetahuan kepada orangtua tentang teknik/metode belajar untuk melatih toilet training yang diberikan kepada 3 subjek (ibu) dalam bentuk modul “toilet trainingbagi orangtua dengan anak autisme”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development. Teknik pengumpulan data untuk analisis permasalahan menggunakan observasi, wawancara, dan checklist autisme. Hasil diseminasi menunjukkan bahwa ketiga subjek (ibu) menilai modul toilet training sudah memenuhi kriteria kesesuaian penampilan meliputi gambar dan penampilan yang mendukung isi materi sebanyak 100 % dan tulisan yang mudah untuk dibaca sebanyak 66,6 %. Dengan prosentase 100%- 66,6%, ketiga ibu juga menilai bahwa isi modul ini sudah sesuai yang ditinjau dari penggunaan bahasa, isi materi, kesesuaian contoh, manfaat teoritis dan solusi yang ditawarkan dari modul. Sementara itu dengan prosentase 100%-66,6 % menunjukkan bahwa latihan yang terdapat dalam modul sudah sesuai karena penjelasan materi di modul 1 dan 2 membantu ibu mengisi checklist dan mengerjakan program menyusun toilet training. Dengan demikian disimpulkan bahwa modul toilet training bagi orangtua dengan anak autisme dapat memberikan pengetahuan tentang permasalahan toilet training serta petunjuk praktis mengatasinya. Adapun kelemahan dalam penelitian ini adalah terbatas hanya dapat digunakan untuk kasus autisme berat sehingga tidak dapat digeneralisasikan untuk kategori ringan dan sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Autisme, Toilet Training, Modul Bagi Orangtua, Metode research and development.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 21 Nov 2017 03:03
Last Modified: 21 Nov 2017 03:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31193

Actions (login required)

View Item View Item