Hubungan Antara Computer Self-Efficacy dengan Computer Anxiety Pada Guru SMP

Chanet, Geraisa Dayura (2017) Hubungan Antara Computer Self-Efficacy dengan Computer Anxiety Pada Guru SMP. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_947_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_947_Abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247741

Abstract

Pada 10 tahun terakhir ini komputer menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan. Penggunaan komputer juga mempermudah individu dalam melakukan aktivitas. Begitu pula didalam dunia pendidikan, komputer sangat dibutuhkan untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Berdasarkan hasil survey awal pada guru SMP di Surabaya, para guru dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer, disisi lain penggunaan komputer tidak diikuti dengan pelatihan yang cukup baik. Banyaknya guru yang berada di usia dewasa madya, membuat guru mengalami kecemasan menggunakan komputer. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara computer self-efficacy dengan computer anxiety pada guru usia dewasa madya. Computer self-efficacy diukur menggunakan skala Computer User Self-Efficacy (CUSE) dan computer anxiety menggunakan skala Computer Anxiety Rating Scale (CARS). Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis product moment. Hasil analisis bahwa ada hubungan signifikan negative antara computer self-efficacy dengan computer anxiety pada guru (r = -0.644; p(0.000) < 0.05). Hasil penelitian menujukan bahwa computer anxiety dan computer self-efficacy pada guru berada dikategori sedang dan tinggi sampai sangat tinggi. Data tambahan menunjukkan bahwa computer anxietyberasosiasi dengan usia.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Computer Self-efficacy, computer anxiety, guru, dewasa madya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 11 Jan 2018 03:15
Last Modified: 11 Jan 2018 03:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31469

Actions (login required)

View Item View Item