Absari, Dhiani Tresna (2013) ANALISIS DAN DESAIN INTEGRATED SUPPORT SYSTEM YANG DIIMPLEMENTASIKAN PADA PENANGANAN MASALAH DI LINGKUP UNIVERSITAS. In: Konferensi Nasional Sistem Informasi 2013, 14-16 Pebruari 2013, STMIK Bumigora Mataram.
Preview |
PDF
Dhiani_Analisis_Abstract_2013.pdf - Published Version Download (300kB) | Preview |
PDF
Dhiani_Analisis_2013.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
Abstract
Secara umum sebuah universitas memiliki struktur organisasi yang hampir sama, yaitu terdiri dari Rektor dan beberapa Wakil Rektor yang membawahi unit-unit yang menangani kegiatan akademik atau non akademik. Bila seorang karyawan mengalami permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan akademik maupun non akademik, maka karyawan tersebut dapat membinta bantuan peneyelsaian masalah pada unit-unit yang bersesuaian. Penyelesaian masalah dapat dilakukan sebuah unit saja atau bisa melibatkan banyak unit. Jika penyelesaian masalah melibatkan banyak unit dalam penyelesaiannya, maka bisa terjadi ada pelimpahan masalah agar masalah yang dihadapi dapat diselesaikan. Pelimpahan masalah ini dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah baru jika tidak ada koordinasi yang baik dan jelas antara unit-unit yang menangani masalah dan karyawan pemilik masalah. Saat ini banyak universitas yang belum memiliki mekanisme bagi karyawan untuk memantau bahkan mengkomunikasikan penyelesaian permasalahan yang mereka ajukan. Sistem yang memfasilitasi mekanisme koordinasi antara unit-unit dalam menyelesaikan sebuah masalah tertentu juga belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bagi keadaan ini dan mendesain sistem yang dapat mengintegrasikan unit-unit yang ada di sebuah universitas dalam memberikan bantuan terhadap penyelesaian sebuah masalah tertentu. Sistem ini berbasis web sehingga komunikasi antara pemilik masalah dengan unit yang dituju, ataupun antara unit yang hendak menyelesaikan sebuah masalah dapat dilakukan dengan mudah. Sistem ini juga mencatat semua bentuk respon yang diberikan oleh tiap unit sehingga penelusuran terhadap penyelesaian permasalahan dapat dilakukan, baik oleh karyawan sebagai pemilik masalah, ataupun unit-unit yang bersamasama menangani sebuah masalah tertentu. Selain itu wakil rektor mapun rektor dapat dengan mudah mengawasi kinerja unit-unit yang ada di bawahnya, karena sistem tersebut memungkinkan rektor ataupun wakil rektor untuk melakukan monitoring terhadap penyelesaian sebuah masalah yang dilakukan oleh unit-unit dibawah mere
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrated Support System, Helpdesk, Permohonan Bantuan, penyelesaian permasalahan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Sholeh Hadi Setiawan 61158 |
Date Deposited: | 19 Feb 2013 06:11 |
Last Modified: | 19 Feb 2013 06:11 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3170 |
Actions (login required)
View Item |