Modul Psikoedukasi Bagi Orang Tua Yang Anaknya Mengalami Kecenderungan Adiksi Gadget

Oetomo, Patricia Febriani (2018) Modul Psikoedukasi Bagi Orang Tua Yang Anaknya Mengalami Kecenderungan Adiksi Gadget. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_434_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_434_Abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/250118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh receptive music therapy (RMT) dalam menurunkan tingkat keparahan gejala depresi yang dialami remaja perempuan pasca mengalami intimate partner violence (IPV). Penerapan RMT menggunakan teknik song lyric discussion (SLD) dilakukan sebanyak enam sesi. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain single case. Partisipan penelitian adalah dua orang remaja yang mengalami gejala depresi pasca IPV. Asesmen dilakukan dengan inventori NEO-FFI untuk mengetahui gambaran tipe kepribadian partisipan dan Thematic Apperception Test untuk menggali kebutuhan, tekanan lingkungan, serta pandangan terhadap lingkungan yang dapat menjadi faktor predisposisi berkembangnya gejala depresi. Data utama penelitian berupa observasi dan self-report diolah dengan teknik analisis trend, sedangkan data dari BDI-II digunakan untuk menjelaskan tingkat keparahan gejala depresi pada kedua partisipan. Hasil yang diperoleh pada tahap asesmen yakni kedua partisipan memenuhi seluruh kriteria depresi yang mengacu pada DSM-V, dengan tingkat keparahan gejala depresi moderate depression. Kedua partisipan juga memiliki tipe kepribadian neuroticism, dan need affiliation yang tinggi sehingga menjadi faktor risiko internal yang memengaruhi perkembangan gejala depresi. Hasil yang diperoleh pada tahap intervensi yaitu terjadi penurunan trend kemunculan perilaku pada ketiga aspek gejala depresi. Terjadi penurunan dua tingkat kategori keparahan gejala dari moderate depression menjadi minimal depression. Pada salah satu partisipan ditemukan kondisi yang belum berubah secara optimum, terutama pada sub aspek pemikiran dan keyakinan irasional, khususnya pada keyakinan negatif mengenai diri sendiri, dan lelaki secara umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: gejala depresi, receptive music therapy, song lyric discussion, remaja, intimate partner violence.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 25 Jul 2018 07:23
Last Modified: 25 Jul 2018 07:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32750

Actions (login required)

View Item View Item