Hubungan Mental Budgeting dan Impulive Buying dengan Mediator Self-Control Pada Mahasiswa Produk Sneakers

Aulia, Tissa (2018) Hubungan Mental Budgeting dan Impulive Buying dengan Mediator Self-Control Pada Mahasiswa Produk Sneakers. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1213_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1213_Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249751

Abstract

Kepercayaan dalam pendekatan psikologis merupakan kepercayaan model unidimensional yang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mencakup subfaktor kognitif, afektif, dan niat dari sebuah perilaku (Lewis & Weigert, 1985). Namun tidak banyak riset sebelumya yang meneliti peran subfaktor kognitif bersamaan dengan subfaktor afektif dalam membentuk kepercayaan sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran subfaktor kognitif melalui trustworthiness dan peran subfaktor afektif melalui kecerdasan emosional sebagai faktor-faktor yang dapat membentuk trust in supervisor serta menjelaskan peran kedua faktor tersebut secara bersamaan dalam membentuk trust in supervisor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara penyebaran kuisioner dan didukung data sekunder berupa wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan pabrik bagian produksi yang merupakan karyawan tetap di PT K. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling atau teknik penarikan sampel non probabilitas dengan pendekatan aksidental atau incidental. Dari total populasi 218 karyawan, sebanyak 137 karyawan menjadi sample dalam penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Dari hasil pengujian statistik terdapat hubungan antara trustworthiness dengan trust in supervisor sebesar 0,484 dan signifikansi (p<0,05). Kedua, tidak terdapat hubungan antara trustworthiness dengan trust in supervisor sebesar 0,148 dan signifikansi (p>0,05). Terdapat pula hubungan bersama antara trustworthiness dengan kecerdasan emosional terhadap trust in supervisor dengan nilai (R: 0,509) dan nilai signifikansi (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan diharapkan dapat mempertahankan kondisi karyawan yang telah memiliki trustworthiness yang memadai agar karyawan senantiasa memiliki kepercayaan terhadap atasannya dan dapat berdampak pada karyawan dalam membangun hubungan yang kooperatif dengan atasan untuk mencapai kesuksesan tujuan perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Trust in Supervisor, Trustworthiness, Kecerdasan Emosional.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:01
Last Modified: 25 Sep 2018 03:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33496

Actions (login required)

View Item View Item