Pertimbangan Ekonomis, Nilai Emosional dan Budaya dalam Penetapan Harga Ayam Sabung

Halim, Matthew Christian (2019) Pertimbangan Ekonomis, Nilai Emosional dan Budaya dalam Penetapan Harga Ayam Sabung. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_6282_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_6282_Abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/254234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pertimbangan ekonomis, nilai emosional dan budaya dalam penetapan harga ayam sabung. Penelitian ini akan melihat faktor apa saja yang menjadi dasar dalam penetapan harga ayam sabung yang ditetapkan oleh penjual ayam. Pada penelitian ini akan membahas mengenai apa yang menjadi dasar atau pertimbangan konsumen dalam memutuskan untuk membeli ayam sabung dan juga faktor apa saja yang mempengaruhi penetapan harga ayam sabung baik dari faktor penetapan harga berdasarkan biaya maupun faktor penetapan harga berdasarkan non biaya. Penetapan harga berdasarkan faktor biaya meliputi penetapan harga berdasarkan biaya, berdasarkan harga kompetitor, berdasarkan nilai, dan berdasarkan pangsa pasar. Penetapan harga berdasarkan non biaya meliputi ikatan emosional antara manusia dengan hewan, pengaruh warna dan bentuk fisik, kredibilitas dan relationship price. Jadi skripsi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bahwa dalam penetapan harga tidak selamanya berdasarkan pada faktor biaya namun terdapat faktor lain (non biaya) yang memiliki dampak pada penjual pada saat menetapkan harga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data yaitu wawancara, analisis dokumen, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga yang ditetapkan oleh penjual serta keputusan untuk membeli ayam sabung yang dilakukan oleh pembeli dipengaruhi oleh pertimbangan ekonomis, nilai emosional dan budaya. Keuntungan yang diperoleh oleh penjual ayam sabung nilainya cukup fantastis. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa nilai emosional, budaya sangat berpengaruh bagi penjual pada saat menetapkan harga dari ayam sabung tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: keputusan membeli, nilai emosional, akuntansi keprilakuan, pertimbangan ekonomis, budaya dan penetapan harga.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:49
Last Modified: 05 Sep 2019 03:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36109

Actions (login required)

View Item View Item