Pembuatan Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Bisnis Waralaba Makanan Siap Saji

Irvita, Nadya (2006) Pembuatan Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Bisnis Waralaba Makanan Siap Saji. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_631_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_631_Abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137356

Abstract

Pertwnbuhan bisnis waralaba makanan siap saji di Indonesia terns meningkat, akibatnya lokasi bisnis waralaba makanan siap saji menjadi faktor penting bagi para investor karena dapat menentukan kineJja perusahaan dan besar kecilnya biaya yang akan dikeluarkan, salah menentukan lokasi akan dapat menimbulkan kerugian besar bagi investor. Biasanya sebelwn memilih lokasi, investor mencari informasi dan melakukan survey langsoog ke lokasi-lokasi yang berpotensi ootuk pendirian bisnis waralaba makanan siap saj~ ootuk kemudian melakukan analisa pada daerah tersebut sehingga dapat diketahui apakah daerah tersebut layak atau tidak ootuk dijadikan lokasi pendirian bisnis waralaba makanan siap saji. Hal tersebut menghabiskan biaya yang besar dan memakan waktu cukup lama. Sistem Penoojang Keputnsan (SPK) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang bekerja dengan data dan model untuk membantu memecahkan masalah tidak terstruktur dan semi terstruktur. Oleh karena itu, muncul suatu pemikiran ootuk membuat suatu aplikasi SPK untuk menentukan lokasi bisnis waralaba makanan siap saji yang dapat mengurangi permasalahan yang dihadapi para investor. Aplikasi SPK ini diharapkan dapat mengolah data dan menghasilkan informasi deskriptif yang dapat menunjang para investor dalarn mengambil keputusan untuk menentukan lokasi bisnis waralaba makanan siap saji. Aplikasi ini juga dapat membantu dalarn melakukan perhitungan ootuk menentukan besarnya keuntungan dari investasi yang ditauamkan oleh para investor dan jangka waktu pengembaliarmya. Pada aplikasi SPK ini, dilakukan analisis terhadap beberapa faktor penunjang yang dianggap penting dalarn penentuan lokasi bisnis waralaba makanan siap saji. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode entropi dan Net Present Value. Dengan metode entropi, akan didapatkan suatu nilai yang akan menentukan kelayakan lokasi. Setiap alteruatif lokasi yang memiliki nilai entropi yang paling tinggi langsung dihitung dengan menggooakan metode Net Present Value ootuk dihitung lokasi mana yang memberikan keootungan paling tinggi dalarn jangka waktu yang pendek. Lokasi tersebut mrerupakan lokasi yang paling cocok jika dipilih sebagai lokasi bisnis waralaba makanan siap saji. Hasil analisis dalarn aplikasi ini akan ditampilkan dalarn bentuk grafik dan peta interaktif Setelah dilakukan evaluasi terhadap aplikasi SPK ini, diperoleh basil bahwa aplikasi ini dapat membantu investor dalarn pengambilan keputusan ootuk

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:46
Last Modified: 12 Sep 2019 06:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36213

Actions (login required)

View Item View Item