Hubungan antara Kepribadian BIG FIVE dan Narsisme dengan Pelaku Mengunggah Foto Selfie di Instagram

Tampubolon, Yohana Marchliza (2019) Hubungan antara Kepribadian BIG FIVE dan Narsisme dengan Pelaku Mengunggah Foto Selfie di Instagram. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_1020_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_1020_Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252599

Abstract

Instagram merupakan situs jejaring sosial yang paling sering digunakan . Instagram dapat digunakan untuk mengunggah foto. Salah satu jenis foto yang diunggah ke instagram adalah selfie.Selfie adalah memotret diri sendiri maupun orang lain dengan menggunakan kamera atau webcam kemudian diunggah ke media sosial. Penelitian saat ini berfokus pada mengunggah foto selfie. Mengunggah foto selfie merupakan suatu bentuk perilaku overt yang dapat diamati atau dilihat oleh orang lain. Faktor yang sangat berpengauh dalam pembentukan perilaku seseorang adalah faktor kepribadian. Kepribadian merupakan faktor penting untuk mengetahui apa, mengapa, dan bagaimana perilaku mengunggah foto selfie di instagram dilakukan. Kepribadian yang sering dikaitkan dengan perilaku mengunggah foto selfieadalah big fivedan narsisme. Penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling pada mahasiswa Psikologi Unieversitas Surabaya berusia 18-25 tahun. Responden penelitian berjumlah 352 subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala terbuka, skala kepribadian big-five, skala narsisme dan skala pengukuran perilaku mengunggah foto selfie. Analisis korelasi data menggunakan pearson. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa skala big-five berkorelasi dengan perilaku mengunggah foto selfie sendiri, yaitu extraversion (r = 0,126 ; p = 0,018), openness to experience (r = 0,129 ; p = 0,015) dan narsisme (r = 0,105; p = 0,049) sedangkan untuk foto selfie kelompok, yaitu extraversion (r = 0,146 ; p = 0,006), agreeableness (r = 0,159 ; p = 0,003),conscientiousness (r= 0196 ; p= 0,001). Saran penelitian selanjutnya untuk menghitung jumlah fotoselfie yang diunggah di sosial media dalam sebulan terakhir.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: selfie sendiri,selfie kelompok, kepribadian big-five, narsisme
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 13 Sep 2019 01:53
Last Modified: 13 Sep 2019 01:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/36223

Actions (login required)

View Item View Item